Dibalik Wafatnya Steve Jobs

Setelah bertahun-tahun bergulat dengan kanker yang diidapnya, Steve Jobs akhirnya kalah. Pendiri Apple Inc, Steve Jobs, meninggal dunia....

Mengenal Situs Penyebar Dokumen Rahasia Negara!

WIKILEAKS sedang jadi perbincangan hangat. Situs yang mendedikasikan dirinya sebagai “ember” itu, lagi-lagi, merilis sejumlah dokumen rahasia. Kali ini....

Belajar Ngehack Windows Xp

Ternyata windows xp mempunyai banyak celah yang dapat kita utak atik sesuai dengan keinginan kita, nah kali ini kita akan belajar sedikit cara untuk utak atik windows xp....

Kevin Mitnick, Sang Legenda Hacker

Sebuah ketukan terdengar dari pintu apartemennya, Kevin Mitnick membuka pintu dan mendapati lusinan agen FBI dan penegak hukum lain sudah bersiap untuk menangkapnya.....

Belajar Mencari Dengan Cepat Di Google

Tanda petik dapat digunakan untuk pencarian yang khusus, artinya Google akan mencaari kata yang terdapat dalam tanda petik guna memperkecil kesalahan pencarian.....

Cara Membuat Buku Tamu Di Blogger

Buku Tamu Kali ini saya akan membagi sedikit ilmu saya tentang di blogger seperti tampak pada blog ini yang ada di sebelah tuh..Surprised==>.

Apasih kegunaan dari buku tamu itu? biasanya buku tamu digunakan pengunjung blog kita agar dapat menuliskan pesan atau request kepada kita, sehingga dengan begitu ada masukan yang positif untuk lebih meningkatkan traffic blog kita. Nah baiklah langsung saja kita mulai untuk  membuat buku tamu di blogger dengan tampilan yang lebih menarik tapi terlebih dulu anda harus buat Script cbox anda dulu di www.cbox.ws  setelah dapat scriptnya anda tinggal mengikuti step-step di bawah ini:

step 1: login dulu ke blogger anda

step 2: setelah login klik rancangan

step 3: tambahkan gadget

step 4: pilih Html/javaScript

step 5: download dulu Script code tampilan buku tamunya

step 6: setelah selesai download copy paste Script code yang ada di notepad ke gadget HTML yang ada di step 4 dan masukkan juga Script cbox anda yang telah anda dapatkan tadi setelah itu langsung save

step 7: pada tampilan elemen laman klik simpan dan setelah selesai caba lihat blog anda

Selesai… semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi anda jika ada kesalahan atau ingin bertanya bisa memberikan komentar anda di bawah sini OK Wink.

Game Terbaru 2010

2010 ini menjadi tahun yang baik bagi para penggila game, khususnya mereka yang menyukai jenis game FPS. Di bawah ini adalah 10 game FPS yang pasti membuat kejutan di 2010 dan game yang pasti anda ingin coba mainkan baik lah kita mulai saja resensinya.

Battlefield: Bad Company 2
(PC, PS3, Xbox 360. March 2, 2010)
image
Bad Company adalah game FPS pertama yang akan menunjukkan lingkungan yang dapat hancur bagi multiplayer shooter. Jika anda ingin berlindung, sudah tidak aman untuk berlindung di balik dinding lagi, di mana dapat dihancurkan dengan sebuah granat. Dalam Bad Company 2, jangan berharap banyak perlindungan dalam gedung, karena hasilnya akan sama seperti sebuah dinding.
Crysis 2
(PC, PS3, Xbox 360. Fall 2010)
image
Meskipun terlambat 2 tahun, Crysis tetap terlihat indah dan dapat mematikan sistem yang sangat kuat. Crysis 2 dipastikan akan mencapai level tersebut dan akan dibuat dengan menggunakan CryEngine 3 baru, di mana termasuk pendukung DX 11.

BioShock 2
(PC, PS3, Xbox 360. February 9, 2010)
image
Mengambil jalur waktu 10 tahun setelah BioShock sebelumynya, BioShock 2 akan memberikan banyak nuansa baru dari sebelumnya. Salah satunya adalah anda dapat mengendalikan Big Daddy dan akan dapat berjalan keluar dari kota bawah air, Rapture. Selain itu, juga ada multiplayer.
Deus Ex 3
(PC, PS3, Xbox 360. Q4 2010)
image
Seri Deus Ex murni berkonsep kultis bagi game cyberpunk. Dan sementara Deus Ex 3 akan mengambil jalur waktu 2027 -- 25 tahun sebelum Deus Ex -- akan tetap menjaga budaya cyberpunk hidup dan terjaga. Sejauh ini, Eidos belum merilis detil apapun mengenai game ini selain konsep gambar.
MAG
(PS3. January 25, 2010)
image
MAG akan menjadi salah satu game paling dinanti oleh pemilik PS3 dan khususnya mereka yang suka dengan kekerasan. MAG adalah gamer pertama yang memiliki fitur 256 player bermain secara bersamaan, di mana 64 saja untuk versi PC. Game ini akan memberikan status yang detil, penghargaan, sistem berdasarkan tim dan banyak lagi.

Rage
(PC, PS3, Xbox 360 & OS X. Q4, 2010)
image
Game orisinil pertama dari Id Software selama lebih dari satu dekade dan yang pertama menggunakan Tech 5 game engine. Rage akan mengambil konsep dunia setelah kehancuran oleh nuklir dan akan menggabungkan dua jenis game, antara FPS dan game balapan.
Halo Reach
(Xbox 360. Q4 2010)
image
Sudah pernah di bahas pada E3 2009 -- Halo Reach pasti akan meneruskan perjalanan dari Master Chief dan Halo ini adalah game terakhir yang akan dikembangkan oleh Bungie.
Alien Vs. Predator
(PC, PS3, Xbox 360. Q1 2010)
image
Tim dari pencipta pertama AVP mengerjakan kembali franchise ini dan kemungkinan akan menghasilkan sesuatu yang lebih. 3 jenis ras akan tetap dapat digunakan, di mana kita dapat memilih antara marinir, Aliens, atau Predators. Game ini dibuat dengan engine baru, mendukung DX 11.
Postal 3
(PC, Xbox 360, PS3. Q2 2010)
image
Seri Postal sudah dicap sebagai salah game paling kontroversial yang pernah dibuat dan telah dilarang di beberapa negara. Postal 3 akan memiliki nasib yang sama, permainan khas GTA yang keras dan sadis.
Red Steel 2
(Wii, February 16, 2010)
image
Pemilik Wii tidak perlu banyak berharadp di 2010 ketika membicarakan FPS, selain Red Steel 2. Red Steel pertama memiliki kilasan yang sangat mengecewakan, tapi untuk seri kelanjutannya ini, banyak sekali yang diperbaiki dan pihak pengembang berharap bahwa hasilnya dapat melebihi dari yang sudah ditentukan.
Nah.. gimana sudah puas belum? kalau belum puas besok akan saya bahas lahi tentang resensi-resensi game terbaru lainnya jadi tunggu aja Ok smile_nerd.

Cara Mendaftar Ke Forum

Di blog G-KOM ini juga terdapat sebuah forum yang sebenarnya di buat untuk para pengunjung setia G-KOM yang di tujukan untuk wadah bertanya dan menukar informasi dengan pengunjung laninnya sehingga kita dapat menambah pengetahuan lebih banyak lagi, bukan hanya itu kita jika kita bisa mendownload sepuasnya Ebook-ebook tentang komputer dari masalah pemograman sampai dasar-dasar ilmu komputer semua itu dapat anda download secara gratiiisss jika anda mendaftar ke forum ini, dan forum ini banyak sekali topik-topik yang dapat kita berbincangkan salah satunya adalah masalah hardwere dan software komputer, olahraga, game, film dan masih banyak lagi yang dapat kita bahas. Jika anda ingin bergabung di forum ini anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Klik link ini www.unirow.4rumer.com 
2. Setelah itu klik mendaftar
3. Maka akan tampak dilayar ketentuan-ketentuan apa yang harus anda patuhi selama mengikutu forum ini      yang pasti ketentuannya yang simpel-simpel aja klik "saya setuju dengan ketentuan ini"
4. Isi nama yang ingin anda gunakan di dalam forum
5. Masukkan email anda dan password yang akan di gunakan di forum ini
6. Klik lanjut setelah itu ketik kembali password email yang tadi anda masukkan
7. Dan yang terakhir anda tinggal membuka email anda dan akan ada email konfirmasi dari forum klik link       yang ada dalam email beres berikutnya anda tinggal sign in ke forum dengan mengeklik di sini.

Gimana mudahkan cara daftarnya? dan semoga anda enjoy in forum  ^_^  Jika ada masalah di forum bisa memberikan komentar di sini atau ke buku tamu.....

Apple iPad Perangkat Apple Tablet Akhirnya Muncul Juga

apple-ipad-apple-tablet-300x174G-KOM Wow, setelah rumor-rumor beredar di sana sini, perangkat kontroversial yang mengguncang dunia teknologi di dunia ini telah muncul secara resmi di situs Apple.com/ipad. Perangkat tablet sexy yang langsing (tebalnya hanya 0.5 inch) yang digadang-gadang akan menjadi perangkat penerus kehebohan Apple Ipod akhirnya diluncurkan juga. Perangkat tablet ini dinamai secara resmi Apple iPad dan dijual mulai dari harga 499 USD atau 5 jutaan rupiah.

Saat ini komputer tablet lebih banyak diminati oleh semua kalangan. Selain mudah dibawa kemana saja, fitur yang diberikan pun sudah sangat canggih. Biasanya Komputer Tablet ini berukuran 9 inch untuk ukuran yang ideal namun ada juga yang berukuran lebih kecil dari itu. Komputer Tablet atau I Pad adalah pengembangan terbaru dari Sky Pad yang kualitasnya jauh lebih baik dan banyak melakukan pengembangan.

apple-ipad-ibooks_G-KOM

Anda dapat membaca dan mengirim email menggunakan iPad berlayar lebar ini, mengimpor foto dari Mac, PC atau kamera digital, serta mengorganisasinya dalam album dan menampilkannya menggunakan slideshow iPad yang elegan. Anda juga dapat melihat film, Youtube dalam tampilan HD dan membaca ebook yang bisa didownload dari Apple iBookstore sambil mendengarkan musik.

Apple melengkapi iPad ini juga dengan versi baru iWork software produktivitas yang didesain utk Multi-Touch, serta aplikasi Pages®, Keynote® and Numbers® yang bisa dibeli melalui App Store seharga $9.99.

Berikut ini adalah fitur dan spesifikasi Apple iPad:

apple-ipad-keyboard-300x293G-KOM - Beratnya 1.5 pounds dengan layar 9.7-inch capacitive touchscreen LED multitouch dilengkapi prosesor Apple 1Ghz Apple “A4″ chip yang dibuat oleh P.A. Semi.

- Batere tahan lama selama 10 jam dengan 1 bulan standby. Kita bisa memilih iPad dengan memori 16, 32 atau 64 Gb.

Ada connector Dock 30-pin, speaker, microphone, Bluetooh, 802.11n WiFi dan  3G optional. Serta ada accelerometer dan kompas. Ada juga keyboard dock yang bisa dicolok di posisi portrait.

Perangkat ini juga dilengkapi software iTunes serta dapat menjalankan aplikasi iPhone. Pengembang bisa mengguankan iPhone OS SDK yang ada saat ini untuk membuat aplikasi utk iPad.

image

Versi 3G dengan HSDPA dapat dijalankan pada jaringan AT&T saat ini.

Contoh Makalah Sejarah Perkembangan Komputer

Berikut ini adalah contoh makalah tentang sejarah perkembangan komputer yang saya buat untuk tugas sistem organisasi komputer pada mata kuliah saya dan saya harap ini bisa jadi tambahan informasi bagi anda yang ingin membuat makalah sejarah komputer. Dan jika anda ingin mencari contoh-contoh makalah yang lain anda dapat masuk ke sini atau ke sini, semoga infonya dapat bermanfaat ^_^ :nyimak:
BAB I
PENDAHULUAN

Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.
Terciptanya komputer diawali dengan perkembangan alat hitung, angka dalam meninjau perkembangan komputer kita tak lepas dari perkembangan alat hitung. Alat hitung tertua yang sekarang masih digunakan adalah abacus (di Indonesia dikenal dengan nama sempoa) yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputer.
Pada tahun 1642 seorang pemuda berumur 16 tahun bernama Blaise Pascal membuat sebuah mesin jumlah (Mechanical Adding Mavhine) yang digunakan pada kantor ayahnya di Rouen Perancis pada tahun 19673, seorang Phyosopy jerman bernama Leibniz. Membuat mesin hitung yang dapat menambah dan mengalikan. Pada Tahun 1975 seorang Peranvis bernama Joseph Mario Jacuard, merancang sebuah metode penggunaan lubang-lubang pada kartu untuk mengotrol benar-benar pada penenum tekstil.
Pada tahun 1833, Charles Babbage menggunakan konsep yang mendekati stored program pada komputer modren dan mesinnya disebut Analytical Engine. Pada tahun 1854, George boole menerapkan operasi matematika logic (aljabar logic), penemuan ini merupakan seumbangan besar dalam perkembangan menuju abad komputer. Pada tahun 1880, Dr. Herman Hollerith dari United States Census Bureau menemukan metode dengan menggunaka punch card untuk merekam data dalam mesin sensusnya. Hal ini membawa ollerth kearah suksesnya pada tahun 2886 ia mendirikan Tabulasi Machane Campany dikemukakan hari Tabulating Machine Compay berembang menjadi internasinal Bussiness Machine Corporation. (I.B.M).
Pada tahun 1908 James Power dari Census Bareau merencanakan mesin untuk memproses dengan menggunakan punch car dan mesin ini digunakan pada tahun 1910 pada tahun 1911 ia membentuk Power Accounting Machine Compay yang kemudian hari menjadi Remington Rand Company dan sekarang menjadi Univac Division of  Sperry and Corporation.
Pada tahun 1930 M Jhon V. Atanasiffy menciptakan meisn hitung yang berkerja secara elektronik, tetapi pemutusan dan penyambungan arus listrik masih dilakukan secara mekanis pada tahun 1944 Howard Aiken membuat komputer yang dapat melakukan operasi artimatika dan logika secara otomatis, komputer nya disebut dengan nama Mark I. Mark I segera diganti dengan munculnya komputer elektronik yang otomatis bernama Eniac. Komputer ini dirancang oleh J. Prosper Ecklert dan Jhon W.Mauchly.
Hingga saat ini perkembangan komputer dapat dikatakan telah mengalami 6 generasi yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :
- Pra generasi (sebelum tahun 1946)
- Generasi I (tahu 1946-1959)
- Generasi II (tahun 1959-1965)
- Generasi III (tahun 1965-1970)
- Generasi IV (sejak 1970)
- Generasi V (sekarang dalam tahap perkembangan)


BAB II
KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Komputer generasi pertama mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
- Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.
- Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
- Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
- Cepat panas.
- Proses kurang cepat.
- Kapasitas penyimpanan kecil.
- Memerlukan dya listrik yang besar.
- Orientasi pada aplikasi bisnis.
komputer-generasi-pertama1                                  Gambar 2.1 Komputer Generasi Pertama.
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua,negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer.Hal ini tentu saja meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah Komputer Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Pada Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode Rahasia yang dinamakan Colossus yang berfungsi untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman.Dampak pembuatan Colossus ini tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan.Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didisain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua,keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja sama dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil.The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator,
Perkembangan komputer lain pada masa ini adalah Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania.Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder,Komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980),ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.Pada pertengahan tahun 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan Tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.

BAB III
KOMPUTER GENERASI KEDUA


Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
- Sirkutinya berupa transistor
- Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL
- Kapasitas memori utama sudah cukup besar
- Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
- Proses operasi sudah cepat
- Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
- berorientasi pada bisnis dan teknik

clip_image002
                               Gambar 3.1 Komputer generasi kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi
dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapa tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu.
Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

BAB IV
KOMPUTER GENERASI KETIGA


Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
- Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits)
- Peningkatan dari softwarenya
- Pemrosesan lebh cepat
- Kapasitas memori lebih besar
- Penggunaan listrik lebih hemat
- Bentuk fisik lebih kecil
- Harga semakin murah
komputer gen3                                    Gambar 4.1 Komputer generasi ketiga

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
BAB V
KOMPUTER GENERASI KEEMPAT


Komputer generasi keempat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
- Komponen utamanya sudah menggunakan LSI (Large Scale Integration) atau disebut juga dengan Bipolar Large Scale Integration yaitu sebuah chip yang berisi ribuan IC (Integrated Circuit) dan setelah itu LSI tadi dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration)
-Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
komputer generasi keempat2                                   Gambar 5.1 Komputer generasi keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.
Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah.
Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer.
Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

BAB VI
KOMPUTER GENERASI KELIMA
Komputer generasi kelima mempunyai cirri-ciri sebagai berikut :
- Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration)
- Komputer pada generasi ini akan dikembangkan komputer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.
Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

BAB VII
PENUTUP


7.1 Kesimpulan
Sejarah komputer dimulai lebih dari 5000 tahun yang silam di cina. Hal ini ditandai dengan adanya abacus yaitu sebuah alat sederhana untuk melakukan perhitungan. Dari generasi ke generasi computer selalu mengalami perubahan-perubahan mulai dari pemakaian vacuum tube (generasi pertama), resistor (generasi kedua), Integrated Circuit (generasi ketiga), chip (generasi keempat) serta pemrosesan pararel (generasi kelima).
Perkembangan komputer tersebut berlangsung kurang lebih dalam kurun waktu 70 tahun telah menghasilkan perubahan yang besar dari generasi kegenerasi. Cara kerja dan alat yang digunakan pun berbeda-beda, ukuran komputer pada masa generasi pertama sangat besar jika dibandingkan dengan komputer sekarang. Kita tidak akan tahu di tahun-tahun mendatang seperti apakah komputer dan bagaimana fungsinya. Hanya kemajuan teknologilah yang bisa menjawab itu semua.

Para White Hack Terkemuka Di Dunia!

Sobat dah pada tau belum kalo dalam dunia hacker, ada yang disebut dengan hacker yang baik (white hat hacker) dan hacker yang jahar (black hat hacker)?Nah, setelah kemarin pernah saya kasih info tentang 5 orang hacker jahat (black hat hacker) nah kali ini giliran saya mau bagi-bagi info tentang siapa aja sih hacker baik (white hat hacker) sebenarnya bukan hanya 5 melainkan banyak white hat hacker lainnya tapi yang saya informasikan  5 aja selebihnya sobat sendiri yang cari hehehe….^_^

1. Stephen Wozniak
Steve_Wozniak G-KOMStephen Wozniak adalah seorang mekanik komputer yang jempolan di USA, doi merupakan co-founder(penemu juga sich) dari Apple Computer bersama
Steve Jobs (CEO-nya Apple.Inc). Pada tahun 1975, dia bekerja di Hewlett-Packard dan membantu temannya Steve Jobs mendisain video game untuk Atari. Pada saat itu, Wozniak telah membeli computer time pada bermacam jenis minicomputer yang di-host oleh Call Computer, sebuah perusahaan timesharing. Terminal komputer pada saat itu mayoritas berbasis kertas; thermal printer seperti Texas Instruments Silent 700 adalah terminal yang paling maju. Wozniak melihat sebuah artikel di majalah bernama Popular Electronics edisi 1975 yang berisikan bagaimana cara untuk membuat terminal komputer sendiri. Menggunakan alat-alat yang dapat dibeli di toko, Wozniak merancang dan membuat komputer bernama Computer Conversor, sebuat video teletype yang bisa dipakai untuk mengakses minicomputer di Call Computers. Disainnya kemudian dibeli oleh Call Computers dan beberapa unit terjual.
Pada tahun 1975 Wozniak mulai menghadiri pertemuan sebuah klub bernama Homebrew Computer Club. Microcomputer baru seperti Altair 8800 dan IMSAI menginspirasinya untuk memasang sebuah mikroprosesor pada video teletype-nya untuk menjadikannya sebuah unit komputer yang lengkap.
Pada saat itu CPU yang banyak tersedia adalah Intel 8080 seharga $US 179 dan Motorola 6800 seharga $US 170. Wozniak lebih tertarik pada Motorola 6800 tetapi harganya terlalu mahal. Dia pun kemudian sadar dan hanya mendisain komputer di atas kertas.
Ketika MOS Technology memproduksi chip 6502 pada tahun 1976 dengan harga $US 20, Wozniak membuat sebuah versi BASIC untuk chip tersebut dan mulai mendisain sebuah komputer untuk menjalankannya. Chip 6502 didisain oleh orang yang sama yang telah mendisain Motorola 6800. Wozniak kemudian berhasil membuat komputer tersebut dan membawanya ke pertemuan-pertemuan Homebrew Computer Club untuk dipamerkan. Pada satu pertemuan Wozniak bertemu teman lamanya Steve Jobs yang tertarik akan potensi komersialisasi komputer-komputer kecil.
Steve Jobs dan Steve Wozniak sudah berteman sejak lama. Bertemu pertama kali pada tahun 1971 ketika seorang teman memperkenalkan Wozniak yang saat itu berumur 21 tahun kepada Jobs yang saat itu baru berumur 16 tahun. Jobs berhasil membujuk Wozniak untuk membuat komputer dan menjualnya. Jobs mendekati sebuat toko komputer lokal The Byte Shop yang tertarik untuk membeli komputer tetapi hanya komputer yang sudah terpaket lengkap, pemilik toko tersebut Paul Terrell mengatakan ia siap membeli 50 unit seharga $US 500 satunya.
Komputer buatan Wozniak hanya memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya dapat menggunakan TV sebagai monitor di mana saat itu banyak komputer tidak memiliki monitor sama sekali. Monitor ini bukanlah seperti monitor modern dan hanya menampilkan teks dengan kecepatan 60 karakter per detik. Komputer ini bernama Apple I dan memiliki kode bootstrap pada ROM-nya yang membuatnya lebih mudah untuk dihidupkan. Akhirnya dengan paksaan Paul Terrell Wozniak juga mendisain sebuah mekanisme kaset untuk membuka dan menyimpan program dengan kecepatan 1,200 bits/detik, sebuah kecepatan yang cukup tinggi pada saat itu. Walaupun komputer tersebut cukup sederhana disainnya adalah sebuah masterpiece, menggunakan jumlah komponen yang jauh lebih sedikit dengan komputer-komputer sejenisnya dan berhasil memberi reputasi kepada Wozniak sebagai seorang master designer dengan cepat.
Dibantu oleh satu orang lagi teman Ronald Wayne, bertiga mereka mulai memproduksi komputer tersebut. Dengan menggunakan berbagai cara termasuk meminjam ruangan dari teman dan keluarga, menjual bermacam harta pribadi (seperti kalkulator dan sebuah mobil VW Combi), memulung dan sedikit menipu. Jobs berhasil mendapatkan komponen-komponen yang dibutuhkan untuk produksi sementara Wozniak dan Wayne membuat komputer-komputer tersebut. Selesai dan dikirim pada bulan Juni, mereka dibayar sesuai janji oleh Paul Terrell. Pada akhirnya, 200 unit Apple I diproduksi.
Tapi Wozniak sudah lebih maju daripada Apple I. Banyak elemen design Apple I dibuat karena keterbatasan dana yang dimiliki oleh mereka untuk membuat sebuah prototype. Tapi dengan pendapatan dari penjualan Apple I, dia bisa memulai produksi komputer yang lebih canggih, Apple II; Apple II diperkenalkan kepada publik pada West Coast Computer Faire pada bulan April 1977.
Perbedaan utama dengan Apple I adalah tampilan TV yang didesign total, di mana tampilan disimpan di memori. Dengan cara ini monitor tidak hanya bisa menampilkan teks juga bisa menampilkan gambar dan pada akhirnya warna. Pada saat yang sama Jobs menekankan disain casing dan keyboard yang lebih baik dengan pemikiran bahwa komputer tersebut harus lengkap dan siap langsung dinyalakan. Apple I hampir bisa seperti itu namun pengguna masih harus memasang berbagai macam komponen dan menulis kode untuk menjalankan BASIC.
Menyadari membuat komputer seperti itu akan memakan banyak biaya. Jobs mulai mencari uang tunai namun Wayne sedikit ragu karena ia pernah mengalami kegagalan perusahaan empat tahun sebelumnya dan akhirnya keluar dari perusahaan. Jobs akhirnya bertemu dengan Mike Markkula yang menjamin pinjaman bank sebanyak $US 250.000 dan mereka bertiga membentuk perusahaan Apple Computer pada 1 April 1976. Dengan dana dan disain bentuk yang baru, Apple II dilepas pada tahun 1977 dan menjadi komputer yang biasanya diasosiasikan dengan munculnya pasar PC. Jutaan unit terjual sampai tahun 1980an. Ketika Apple go public pada tahun 1980, mereka menghasilkan dana terbanyak sejak Ford go public pada tahun 1956.
doi juga ngedapetin award medali nasional buat tekhnologi, juga mendapatkan gelar doktor kehormatan dari Kettering University and Nova Southeastern University.
saat ini doi dah gak kerja full time lagi di Apple dan jadi pengajar senior di sebuah sekolah tekhnologi.

2. Tim Berners-Lee
tim-berners-lee G-KOM Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee, KBE (TimBL atau TBL) (lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955) adalah penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya.

Pada 1980, ketika masih seorang kontraktor bebas di CERN, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan bantuan dari Robert Cailliau dia menciptakan sistem prototipe bernama Enquire.
Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Poole’s Image Computer Systems Ltd, dia kembali pada 1984 sebagai seorang rekan peneliti. Dia menggunakan ide yang mirip yang telah dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangun browser yang pertama (bernama WorldWideWeb dan dikembangkan dalam NeXTSTEP) dan server web pertama yang bernama httpd.
Situs web pertama yang dibuat Berners-Lee (dan oleh karena itu ia juga merupakan situs web pertama) beralamat di
http://info.cern.ch/ (telah diarsip) dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991.
Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology.
Hingga kini, Berners-Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer. Banyak yang masih tidak mengetahui kekuatan karya pria ini, World Wide Web.
Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas.

Pada 16 Juli 2004 dia diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya.

3. Linus Torvalds

linus_torvalds G-KOM Linus Benedict Torvalds (lahir 28 Desember 1969 di Helsinki, Finlandia) adalah rekayasawan perangkat lunak Finlandia yang dikenal sebagai perintis pengembangan kernel Linux. Ia sekarang bertindak sebagai koordinator proyek tersebut.
Linux terinsipirasi oleh Minix (suatu sistem operasi yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum) untuk mengembangkan suatu sistem operasi mirip-Unix (Unix-like) yang dapat dijalankan pada suatu PC. Linux sekarang dapat dijalankan pada berbagai arsitektur lain.
Ketika Linus Torvalds, seorang mahasiswa Finlandia pendiam membagi-bagikan kode sumber (source code) kernel Linux seukuran disket via internet di tahun 1991, ia sama sekali tidak menduga bahwa apa yang dimulainya melahirkan sebuah bisnis bernilai milyaran dolar di kemudian hari.
Ia bahkan tidak menduga Linux kemudian menjadi sistem operasi paling menjanjikan, yang bisa dibenamkan ke dalam server, komputer desktop, tablet PC, PDA, handphone, GPS, robot, mobil hingga pesawat ulang alik buatan NASA.
Tidak hanya itu, banyak maniak Linux (Linuxer) yang membeli perangkat buatan Apple dan mengganti sistem operasinya dengan Linux. Bagi saya itu sedikit gila, mengingat menghapus sistem operasi Mac & iPod berarti membuang duit dan menggantinya sistem operasinya cukup sulit dibanding desktop berbasis Windows. Saat ini 20% pangsa pasar desktop di seluruh dunia menggunakan Linux jauh di atas Machintosh dan terus mengejar desktop Windows. Dan 12,7% server di seluruh dunia menggunakan Linux, jauh di atas UNIX, BSD, Solaris, dan terus meningkat menggerus pangsa pasar server Microsoft.
Saat ini Linus meninggalkan posisi menjanjikan di perusahaan semi konduktor Transmeta dan tinggal bersama istri dan 3 anaknya di sebuah bukit di desa di Portland, Oregon, USA, berdekatan dengan markas Open Source Development Labs. Organisasi nirlaba ini diawaki oleh 20-an programmer yang punya gairah hampir sama dengan Linus. Mereka terus mengembangkan kernel Linux yang kini berukuran 290-an MegaBytes atau melebihi 9 milyar baris kode. Linux beserta timnya menerima masukan baris-baris kode dari seluruh penjuru dunia, menyortir, menetapkan skala prioritas dan memasukkan gagasan paling brilian ke dalam kernel. LSD sendiri disokong oleh puluhan raksasa IT seperti IBM, HP, Dell dan Sun, baik dari sisi materi maupun sumber daya manusia.
Linus bukan orang pertama yang membagi-bagikan source code karena pola ini adalah hal yang biasa di masa awal tumbuhnya industri komputer. Tapi Linus sukses menetapkan standar yang memaksa banyak pengembang ikut membebaskan kode sumber program mereka, mulai dari BSD, Solaris, Suse, Java hingga Adobe.
Meski hanya bergaji ratusan ribu dolar pertahun, Linus telah menciptakan banyak multimilyuner dalam industri komputer mulai dari RedHat, Suse, Debian, Mandriva, Ubuntu dan banyak developer software open source lainnya. Hampir tak ada yang berubah dari Linus. Ketika ia datang terlambat di suatu konferensi IT, ia bahkan tak segan-segan duduk di lantai dengan celana pendek dan sepatu-sandal kesukaannya. Ia bahkan tidak marah tatkala memberikan pidato di mimbar dan diinterupsi oleh beberapa programmer BSD yang maju ke depan panggung yang mengklaim bahwa kernel BSD jauh lebih hebat ketimbang kernel Linux. Ia bahkan tidak segan-segan memakai T-Shirt BSD yang disodorkan pemrotes dan melanjutkan pidatonya.
Menurut Linus, apa yang dilakukannya hanyalah untuk berbagi. Berbeda dengan Richard M Stallman yang fanatik dengan konsep free software, Linus hanya menekankan sisi keterbukaan (open), tak peduli apakah kemudian dalam suatu sistem operasi bercampur program free dan proprietery.
Setiap kata-kata Linus hampir menjadi sabda di kalangan Linuxer yang menciptakan standar nilai tertentu. Setiap publikasi, pidato, email dab press releasenya selalu ditunggu-tunggu jutaan orang. Di sela kesibukannya, Linus menyempatkan diri bersepeda menuruni bukit dan minum di bar desa.

4. Richard Stallman

Richard_Stallman G-KOM Richard Matthew Stallman lahir 16 Maret 1953, di Manhattan, New York. Sebagai anak “broken home”, Stallman memiliki hubungan yang tidak baik dengan kedua orang tuanya.
Stallman memiliki kepribadian yang menarik (baca : kontoversial). Semasa SMA, ia selalu mendapat A untuk Matematika dan Fisika (bahkan kemudian ia memanggil dirinya sendiri “math you”, yang terdengar serupa dengan “Matthew”). Namun gagal dalam pelajaran Bahasa Inggris, dikarenakan ke”keras kepalaannya” menolak untuk menulis essay dalam bentuk apapun. Bahkan “para jenius” disekolahnya pun tidak dapat mengerti kepribadiannya yang sangat sulit bersosialisasi.
Stallman lulus jurusan Fisika Harvard University pada tahun 1974. Selama masa kulaihnya, Stallman bekerja sebagai staf di Laboratorium Artificial Intelligence milik MIT. Disaat inilah Stallman belajar mengenai pengembangan Sistem Operasi.
Pada tahun 1980-an, Stallman mulai berhadapan dengan “musuhnya” hingga kini, yaitu “komersialisasi industri software”. Ini berawal dari usaha beberapa “hackers” untuk mendirikan suatu perusahaan bernama “Symbolics”, yang mencoba untuk mengganti “free software” yang digunakan di Lab., dengan software buatan mereka. Selama dua tahun, dari 1983 hingga 1985, Stallman berjuang menggagalkan usaha monopoli para programmer Symbolics. Sebelum akhirnya ia dibuat untuk menghentikan kegiatannya dan menandatangi perjanjian tertutup.
Pada Januari 1984 Stallman mengundurkan diri dari MIT dan memulai “GNU project”. GNU (singkatan dari “GNU’s Not Unix”-GNU, bukan Unix-) adalah Sistem Operasi cuma-cuma yang merupakan alternative dari Unix. Akhir akhir ini, varian dari Sistem GNU berbasis Linux mulai popular digunakan. Diperkirakan pemakai “GNU/Linux systems”(lebih dikenal dengan “Linux” saja) sudah mencapai 20 juta orang lebih.
Stallman adalah penulis “GNU Compiller Collection”, sebuah kompiler portable yang dapat ditujukan untuk berbagai variasi arsitektur dan bahasa pemrograman. Selain itu ia juga menulis “GNU Symbollic debugger (gdb)”, “GNU Emacs” dan berbagai program GNU lainnya.
“GNU Project”, sebenarnya adalah salah satu wujud usaha Stallman untuk memperjuangkan “free software”. Selain GNU, ia juga melakukan usaha-usaha lainnya dengan mendirikan Free Software Foundation (FSF), pengembangan konsep “Copyleft” (lawan dari “Copyright”) yang kemudian dimasukkannya dalam “GNU General Public Lisence” (GPL) ditahun 1989.
Kehadiran Stallman di dunia komputer sudah diakui di tingkat dunia, Ini ditandai dari berbagai pengahargaan yang diterimanya. Diantaranya, “Grace Hopper Award” tahun 1991 atas kerjanya dalam membuat editor “Emacs”, “Takeda Award” yang diterimanya tahun 2001, bersama dengan Linus Torvalds (pengembang linux) dan Ken Sakamura (pengembang TRON), dan penghargaan lainnya. Selain itu Stallman juga mendapat gelar Doktor Kehormatan dari Institut Teknologi Swedia (1996), dan Universitas Glasgow (2001).
Hingga kini Stallman masih memperjuangkan eksistensi “free Software”. Waktu yang akan menjawab, akankah nama Stallman tercatat dalam sejarah sebagai seorang pionir “free software”, atau hanya sebagai seorang kontroversial yang nekat melawan arus. Namun itu semua tidak penting, karena seperti apa yang dikatakannya dalam biografinya “I’ve never been able to work out detailed plans of what the future was going to be like… I just said ` I’m going to fight, Who knows where I’ll get?” (”Aku tak pernah dapat memikirkan rencana mendetil tentang apa yang akan terjadi dimasa depan… Aku hanya mengatakan, Aku akan berjuang. Siapa yang tahu, Aku akan sampai dimana?”).


5. Tsutomu Shimomura


Tsutomu Shimomura adalah anggota senior di San Diego Supercomputer Center, di mana dia bekerja pada masalah di daerah yang beragam seperti fisika komputasi dan keamanan komputer. Dia datang ke Universitas California di San Diego pada tahun 1989 untuk bergabung dengan departemen fisika sebagai ilmuwan penelitian.
Ia telah mempelajari fisika dengan pemenang Nobel Richard Feynman di Institut Teknologi California dan telah bekerja sebagai associate penelitian dengan fisikawan Steven Wolfram. Pada musim panas tahun 1984 ia bekerja di Berpikir Machines Corporation, membantu Cambridge, komputer paralel besar-besaran Misa berbasis desain perusahaan start-up sistem disk untuk mendukung gerakan cepat dari database yang luas.
Pada musim gugur 1984 ia menjadi staf ahli fisika di Los Alamos National Laboratory, di mana ia adalah salah satu arsitek dari komputer paralel maju. Dia juga bekerja di divisi teoritis Laboratorium dengan Brosl Hasslacher, salah satu peneliti terkemuka bangsa di bidang fisika komputasi. Hasslacher Shimomura membantu dalam mengembangkan pendekatan radikal untuk mensimulasikan aliran fluida berdasarkan model baru komputasi, dikenal sebagai kisi automata gas. Ia mengambil keuntungan dari paralelisme alam dan secara dramatis kecepatan komputasi pada berbagai masalah.
Dalam beberapa tahun terakhir Shimomura juga bekerja di bidang penelitian komputer keamanan. Dia telah berkonsultasi dengan beberapa instansi pemerintah tentang isu-isu keamanan dan kejahatan komputer. Pada tahun 1992 ia bersaksi di depan Komite Kongres diketuai oleh Wakil Edward Markey pada isu seputar kurangnya privasi dan keamanan di telepon selular. Pada Februari 1995 ia membantu beberapa layanan online dan perusahaan-perusahaan Internet melacak penjahat komputer Kevin Mitnick, yang telah mencuri perangkat lunak dan surat elektronik dari komputer Shimomura's. Dia adalah penulis Takedown: The Pursuit dan Penangkapan America's Most Wanted Computer Outlaw - By The Man Siapa Melakukannya, dengan John Markoff (Hyperion, Januari 1996).
Warga Negara Jepang, Shimomura dibesarkan di Princeton, New Jersey. Dia tinggal di daerah San Diego di mana dia adalah seorang skater inline aktif. Ia juga seorang pemain ski lintas negara avid.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search Key

G-KOM adalah blog yang saya buat untuk membagi ilmu kepada orang-orang yang ingin belajar ilmu komputer baik itu ilmu programing, Tips-tips seputar komputer, sampai pegetahuan tentang tokoh-tokoh komputer dunia. Di sini juga ada Free Download yang mungkin bisa membantu anda dalam memahami lebih jauh lagi tentang Dunia komputer, dan saya harap dengan adanya blog ini anda bisa terbantu dalam mencari informasi seputar perkembangan komputer.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More