Dibalik Wafatnya Steve Jobs

Setelah bertahun-tahun bergulat dengan kanker yang diidapnya, Steve Jobs akhirnya kalah. Pendiri Apple Inc, Steve Jobs, meninggal dunia....

Mengenal Situs Penyebar Dokumen Rahasia Negara!

WIKILEAKS sedang jadi perbincangan hangat. Situs yang mendedikasikan dirinya sebagai “ember” itu, lagi-lagi, merilis sejumlah dokumen rahasia. Kali ini....

Belajar Ngehack Windows Xp

Ternyata windows xp mempunyai banyak celah yang dapat kita utak atik sesuai dengan keinginan kita, nah kali ini kita akan belajar sedikit cara untuk utak atik windows xp....

Kevin Mitnick, Sang Legenda Hacker

Sebuah ketukan terdengar dari pintu apartemennya, Kevin Mitnick membuka pintu dan mendapati lusinan agen FBI dan penegak hukum lain sudah bersiap untuk menangkapnya.....

Belajar Mencari Dengan Cepat Di Google

Tanda petik dapat digunakan untuk pencarian yang khusus, artinya Google akan mencaari kata yang terdapat dalam tanda petik guna memperkecil kesalahan pencarian.....

Pengenalan singkat tentang EULA

Ini buat membantu temen-temen dalam mencari materi tugas Open Source, semoga ini bisa membantu.......

Menurut pengertian di wikipedia EULA (End User License Agreement) adalah perjanjian antara pembuat aplikasi perangkat lunak dan pengguna aplikasi tersebut.
EULA sering juga disebut software license yang menyatakan bahwa pengguna boleh menggunakan perangkat lunak ini dengan syarat ia harus setuju untuk tidak melanggar semua larangan yang tercantum pada EULA tersebut.
Persetujuan ini bisa dinyatakan dengan memilih "I Accept" pada awal proses instalasi aplikasi.
Sebuah EULA dapat disajikan dengan perangkat lunak dalam bentuk hard copy, biasanya berupa kertas atau stiker segel produk. Seringkali jenis EULA ini akan menjadi bentuk yang lebih terbatas lagi dari EULA yang disajikan kemudian pada komputer itu sendiri. Fisik EULA ini kadang-kadang disebut sebagai lisensi shrink-wrap, karena mereka sering berada di dalam produk. Karena ini berarti pelanggan tidak dapat benar-benar membaca lisensi sampai setelah mereka sudah membeli produk tersebut, beberapa tantangan hukum telah diajukan terhadap EULA semacam ini. Bentuk yang lebih akrab dari EULA adalah EULA perangkat lunak , kadang-kadang disebut sebagai klik-wrap, mengacu pada lisensi shrink-wrap hardcopy. Biasanya lisensi ini disajikan ketika software installer dibuka. Pengguna diberikan salinan digital EULA untuk membaca, dan mereka harus setuju dengan syarat yang ada dalam rangka untuk menginstal perangkat lunak. Persetujuan ini bisa dinyatakan dengan memilih “I Accept” pada awal proses instalasi aplikasi.

Dan kali ini sebagai contoh saya mencoba menginstall software DoPdf.


DoPDF adalah pengubah PDF gratis untuk penggunaan perorangan dan komersil. Dengan menggunakan doPDF anda dapat membuat berkas PDF dengan memilih Perintah "Cetak" dari aplikasi virtual apa saja. Dengan sekali klik anda dapat mengubah dokumen Microsoft Excel, Word atau PowerPoint atau email dan website favorit anda ke dalam berkas PDF. 

Berikut adalah isi dari EULA software DoPdf :


---------------------------------------------------------------------------------------------------------


Printer doPDF Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir (EULA)

PEMBERITAHUAN UNTUK PENGGUNA: BACA DENGAN SEKSAMA PERJANJIAN HUKUM BERIKUT. PENGGUNAAN Printer doPDF ("PERANGKAT LUNAK") DIBERIKAN DENGAN PERJANJIAN INI merupakan ANDA MENERIMA KETENTUAN INI. JIKA ANDA TIDAK SETUJU DENGAN KETENTUAN-KETENTUAN PERJANJIAN INI, JANGAN INSTAL DAN / ATAU MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK INI. PETUNJUK PENGGUNAAN PERANGKAT LUNAK INI dikondisikan UPON OLEH PENGGUNA DENGAN KEPATUHAN KETENTUAN-KETENTUAN PERJANJIAN INI.

1. Lisensi hibah
EULA ini memberi Anda hak untuk menyimpan, memuat, menginstal, menjalankan atau menampilkan salinan terbatas PERANGKAT LUNAK pada komputer Anda.

"Anda" berarti perusahaan, entitas atau individu yang menerima PERANGKAT LUNAK. "Komputer" harus sepenuhnya dimiliki, disewa atau dikontrak oleh Anda.

Anda tidak dapat mengubah PERANGKAT LUNAK atau menonaktifkan fitur PERANGKAT LUNAK kecuali sebagai bagian dari fitur pemrograman yang dimaksudkan SOFTWARE itu.

2. Pembatasan
Anda tidak boleh menyewakan, menyewa, sub-lisensi, transfer atau menjual PERANGKAT LUNAK. Anda setuju untuk tidak memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, reverse engineer, dekompilasi, membongkar, atau berusaha untuk menemukan kode sumber PERANGKAT LUNAK. Anda tidak dapat mengubah atau memodifikasi program installer atau membuat installer baru untuk PERANGKAT LUNAK.

3. Freeware
PERANGKAT LUNAK ini gratis untuk penggunaan pribadi atau komersial. Ketika Anda memperoleh salinan PERANGKAT LUNAK, Anda diberikan periode penggunaan tak terbatas.

Anda diharapkan untuk menggunakan PERANGKAT LUNAK pada sistem anda dan untuk benar-benar mengevaluasi kegunaan dan fungsionalitas. Pendekatan ini adalah jaminan utama yang PERANGKAT LUNAK akan melakukan untuk kepuasan Anda, sehingga Anda memahami dan setuju bahwa tidak ada kebijakan kompensasi atas kerusakan PERANGKAT LUNAK.

4. Kepemilikan
PERANGKAT LUNAK dan hak ciptanya dimiliki oleh pembuat. Lisensi ini tidak mengakui hak atau kepemilikan dari PERANGKAT LUNAK dan tidak boleh ditafsirkan sebagai hibah dari setiap tepat di PERANGKAT LUNAK.

5. Distribusi
Anda dapat membuat dan mendistribusikan salinan terbatas PERANGKAT LUNAK, asalkan setiap salinan yang Anda buat dan mendistribusikan berisi perjanjian ini, para pembuat installer doPDF Printer, hak cipta dan pemberitahuan kepemilikan yang sama lainnya berkaitan dengan PERANGKAT LUNAK ini. Jika Anda men-download PERANGKAT LUNAK dari internet atau serupa pada-garis sumber, Anda harus menyertakan pemberitahuan hak cipta untuk pembuat PERANGKAT LUNAK dengan distribusi on-line dan pada setiap media yang Anda mendistribusikan yang mencakup PERANGKAT LUNAK.

6. Izin Font
Beberapa font dikenakan lisensi yang diberikan oleh pemilik font. Lisensi ini dapat memberikan bahwa font TIDAK mungkin tertanam atau didistribusikan tanpa lisensi dari pemilik font. Pengguna PERANGKAT LUNAK bertanggung jawab untuk mendapatkan lisensi yang diperlukan dari pemilik font tersebut jika pengguna ingin menanamkan mereka. Kegagalan untuk mendapatkan lisensi yang diperlukan dapat mengekspos pengguna untuk tuntutan hukum oleh pemilik font-font ini. pembuat dan pemasoknya tidak bertanggung jawab untuk klaim tersebut.

7. Program kredit
PERANGKAT LUNAK ini memanfaatkan komponen freeware berikut:
'Zlib' tujuan umum pustaka kompresi versi 1.1.4, 11 Maret 2002
Hak Cipta (C) 1995-2004 Jean-loup Gailly dan Mark Adler
http://www.zlib.org/

Independent JPEG Group JPEG perangkat lunak yang
"Perangkat lunak ini sebagian didasarkan pada karya Independent JPEG Group"
Hak Cipta (C) 1991-1998, Thomas G. Lane.

8. Hak Cipta
SOFTWARE dan semua hak yang dimiliki oleh pembuat dan / atau pemasoknya dan dilindungi oleh hukum hak cipta dan perjanjian hak cipta internasional. Anda mengakui bahwa tidak ada kepemilikan dari kekayaan intelektual di PERANGKAT LUNAK ditransfer ke Anda. Anda lebih lanjut mengakui gelar itu dan hak kepemilikan penuh untuk PERANGKAT LUNAK akan tetap menjadi milik eksklusif pembuat dan Anda tidak akan mendapatkan hak untuk PERANGKAT LUNAK kecuali sebagaimana secara tegas ditetapkan dalam lisensi ini.

9. Penghentian
Lisensi ini berlaku sampai diakhiri. Anda dapat mengakhiri lisensi ini kapan saja dengan menghentikan menggunakan setiap dan semua PERANGKAT LUNAK, dan menghapus atau menghancurkan PERANGKAT LUNAK. Perjanjian ini akan berakhir secara otomatis setelah jangka pelanggaran terhadap perjanjian ini. Setelah pengakhiran Anda harus menghancurkan semua salinan PERANGKAT LUNAK. Bagian berjudul "Kepemilikan", "Pembatasan", "Hak Cipta", "Garansi Tidak, Kewajiban Tidak", "Hukum" dan "Keseluruhan Perjanjian" akan tetap pemutusan perjanjian ini.

10. Tidak ada Garansi, Kewajiban Tidak
pembuat DAN PEMASOKNYA TIDAK DAN TIDAK DAPAT MENJAMIN KINERJA ATAU HASIL YANG MUNGKIN MEMPEROLEH DENGAN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK ATAU DOKUMENTASI. pembuat DAN PEMASOKNYA TIDAK MEMBUAT JAMINAN, TERSURAT ATAU TERSIRAT, SEBAGAI NONINFRINGEMENT HAK PIHAK KETIGA, DIPERDAGANGKAN, ATAU KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU APAPUN. DALAM KEADAAN APAPUN AKAN pembuat ATAU PEMASOKNYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB KEPADA ANDA ATAS SETIAP AKIBAT, INSIDENTAL ATAU KHUSUS, TERMASUK KEHILANGAN KEUNTUNGAN ATAU KEHILANGAN TABUNGAN, BAHKAN JIKA TELAH PERWAKILAN pembuat DIBERITAHU TENTANG KEMUNGKINAN KERUSAKAN TERSEBUT, ATAU ATAS TUNTUTAN OLEH SETIAP PIHAK KETIGA. ANDA DENGAN INI MENANGGUNG SELURUH RISIKO DARI SEMUA PENGGUNAAN PERANGKAT LUNAK SALINAN dilingkupi oleh Lisensi ini.

11. Hukum
Perjanjian ini diatur oleh undang-undang dari Rumania. Setiap klaim, perselisihan atau kontroversi sehubungan dengan, sehubungan dengan atau yang timbul dari perjanjian ini harus tunduk pada dan diputuskan oleh arbitrase di Kota dari Cluj-Napoca, Cluj County, Rumania. Jika ada bagian dari perjanjian ini ditemukan kosong dan tidak dapat diberlakukan oleh pengadilan dari yurisdiksi yang kompeten, tidak akan mempengaruhi keabsahan keseimbangan perjanjian, yang akan tetap sah dan berlaku sesuai dengan ketentuan-ketentuannya.

12. Seluruh Perjanjian
Perjanjian ini adalah perjanjian akhir, lengkap dan eksklusif antara Anda dan pembuat yang menggantikan setiap perjanjian sebelumnya atau pemahaman, baik tertulis atau lisan, yang berkaitan dengan subyek lisensi ini.

Copyright © 2006-2010 pembuat. Semua hak dilindungi.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dari EULA diatas maka dapat saya simpulkan bahwa EULA bertujuan membatasi kewenangan serta peraturan dalam penggunaan software yang dilakukan antara pembuat / pencipta software dengan user pengguna sehingga tidak terjadi hal – hal yang tidak diharapkan oleh pencipta software. Sekian dulu yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat, dan buat temen2 selamat berkriting ria...!!! semoga tangannya gak putus ya.... ^_^ 

From: g-kom.blogspot.com


Telah Wafat Dennis Ritchie, Bapak Pemrograman Bahasa C

Dennis Ritchie
Dunia kini telah kehilangan satu orang hebat lagi, setelah kepergian Steve Jobs, kini Dennis Ritchie, pembuat dari bahasa pemrograman yang digunakan luas di dunia, yaitu bahasa pemrograman C, tutup usia pada umur 70 tahun.

Ritchie tutup usia di kediamannya, menurut sebuah post di Google+ milik Rob Pike. Sebuah entri di Wikipedia mengatakan dia meninggal di Murray Hill, New Jersey.
Kepergiannya dikonfirmasi hari ini oleh Bell Labs, dalam sebuah pesan dari direkturnya, Jeong Kim kepada para pegawai.

Dennis Ritchie MacAlistair, nama lengkapnya, lahir pada 9 September 1941, di Bronxville. Ayahnya, Alistair, adalah seorang insinyur di Bell Labs, dan ibunya, Jean McGee Ritchie, ibu rumah tangga. Ketika ia masih kecil, keluarganya pindah ke Summit, New Jersey, dimana Mr Ritchie dibesarkan dan bersekolah tinggi. Dia kuliah di Harvard jurusan matematika terapan.

Menurut Rob Pike, bahasa pemrograman C merupakan karya terbesar Ritchie. Awalnya, C dibuat untuk program sistem dan jaringan komputer. Tapi kini, bahasa pemrograman C juga sering digunakan dalam pengembangan software aplikasi. Ritchie membantu membentuk era digital modern dengan menciptakan perangkat lunak yang memiliki beragam fungsi, seperti mesin pencari Google dan smartphone.

"Hampir semua yang ada di web menggunakan dua hal: C dan UNIX. Browser ditulis di C. Kernel Unix ditulis di C. Server web ditulis di C, atau jika tidak, maka menggunakan C++ atau Java yang merupakan pengembangan dari C," ucap Rob Pike.

C dirancang untuk programer sistem yang ingin mendapatkan performa tercepat dari sistem operasi, compiler dan program lain. Program ini memungkinkan Anda merasa dekat dengan mesin, tanpa diikat dalam mesin.

C, seperti Unix, dirancang terutama untuk meningkatkan programmer profesional yang bekerja lebih produktif. Bersama rekannya Kernighan, Ritchie menulis teks klasik, The C Programming Language. Duet Kernighan dan Ritchie ini dikenal dengan K&R. Karya K&R telah dicetak jutaan eksemplar dan diterjemahkan dalam 25 bahasa.

Ritchie juga menciptakan sistem operasi UNIX bersama Kenneth Thompson. UNIX menjadi sistem operasi yang diadopsi Linux.

Tak hanya Linux, pengembangan variasi UNIX juga menginspirasi sistem operasi lain. Antara lain, oleh Apple yang mengadopsi UNIX dalam pengembangan sistem operasi A/UX, Domain/X, dan Darwin (modifikasi Apple dari kernel BSD dan diaplikasi pada Mac OS/X).

Sistem operasi QNX juga disebut merupakan sistem operasi yang dikembangkan berdasarkan UNIX. QNX merupakan sistem operasi yang baru saja dimiliki Research in Motion yang akan digunakan untuk produk BlackBerry.

Bill Clinton (saat masih menjabat presiden) memberikan penghargaan pada Ritchie dan Thompson yaitu National Medal of Technology pada 1999. Selain itu ia juga mendapat penghargaan nasional dan internasional lainnya untuk karyanya dan dipilih untuk masuk ke National Academy of Engineering pada 1988 karena pengembangan bahasa pemrograman C dan sistem operasi Unix.
Ritchie bekerja di Computing Sciences Research Center milik Bell Labs pada 1967 dan dikenal sebagai “dmr”. Selamat jalan Ritchie.

Trik REGEDIT (Registry Editor) Bagian 2


<< Lihat sebelumnya

11. Akses Pengaturan Tampilan dengan Cepat
Klik-kanan saja pada desktop Windows Vista tidak cukup untuk membawa Anda langsung kepada menu pengaturan tampilan. Windows 7 sudah dipersiapkan untuk memperbaiki hal ini. Tapi, untuk sementara Anda bisa melakukannya dengan masuk ke “HKCR\Directory\Background\Shell“, klik-kanan “Shell”, pilih “New | Key” dan namakan “Display Settings”.
Klik-ganda “(Default)” oada bagian kanan panel dan masukkan “Display Settings” pada kotak Value Data. Sekarang, klik-kanan “Display Settings” pada bagian kiri panel, pilih “New | Key” kembali, dan namakan fungsi ini sebagai “command“.
Klik-ganda pada nilai Default fungsi-fungsi baru tersebut dan masukkan teks berikut ini: “rundll32 shell32.dll,Control_RunDLL DESK.CPL,@0,3“. Klik “OK” dan klik-kanan pada desktop untuk melihat opsi pengaturan tampilan yang baru.

12. Multiple Live Messenger Log-In
Biasanya, Windows LiveMessenger (WLM) hanya memungkinkan Anda untuk masuk ke dalam satu akun saja pada satu waktu tertentu. Untuk membuatnya menjadi lebih dari satu, masuk ke “HKLM\Software\Microsoft\WindowsLive\Messenger“, buat nilai DWORD yang bernama “Multiple Instances” dan atur nilainya menjadi “1″. Untuk mengembalikan ke kondisi semula, cukup hapus nilai tersebut.
Sekian dulu tips dari saya pada postingan kali ini, selanjutnya pada postingan yang berikutnya akan saya postingkan lagi tips-tips lain, yang telah saya ketahui. Apabila ada salah kata atau pun tulis saya mohon maaf, karena saya pun masih dalam tahap belajar.
13. Bersihkan Menu-Menu

Anda telah meng-unsinstall sebuah aplikasi, tapi ia malah meninggalkan Anda sebuah cinderamata berupa ikon-ikon yang tidak berguna. Untuk memperbaiki ini, masuk ke “HKCR\*” dan “HKCR\Directory“. Perlebar panelnya, kemudian pilih “shellex\ContextMenuHandlers” dan lihat berbagai tombol di bawahnya yang berhubungan dengan perintah yang tidak Anda inginkan.
Pada PC, fungsi “HKCR\*\shellex\ContextMenuHandlers\7-Zip” berhubungangan dengan menu konteks 7-Zip, sebagai contohnya, untuk menghapusnya, klik “Delete” pada bagian kiri panel. Tapi hati-hati, sebaiknya Anda hanya menghapus jika sudah 100% yakin pada menu yang tepat.

14. Percepat Back-Up
Fitur NTCBACKUP milik Windows XP meningkatkan kinerjanya dengan mempertahankan daftar file sistem yang ia tahu kalau Anda tidak akan mungkin ingin membuat back-upnya. Tambahkan file dan folder yang Anda inginkan sendiri dan dapatkan hasil yang lebih baik lagi.
Lihat daftarnya pada “HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\BackupRestore\FileNotToBackup“.
 

15. Ubah Folder Instalasi Default
Kebanyakan instalasi default adalah folder Program Files, tapi jika Anda ingin menggantinya, masuk ke “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion“, ubah “ProgramFilesDir” menjadi folder pilihan Anda dan reboot .
 

16. Mengubah Nama Drive
Menambahkan sebuah pembaca kartu memori dan Explorer akan sering kali menghentikan folder komputer yang memiliki nama drive yang mirip. (”Removable Drive D: “, “Removable Drive E: “, dan seterusnya), membuatnya menjadi susah untuk membedakannya.
Anda bisa mengatasinya dengan “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer“. Buatlah tombol dengan huruf dari drive (sebagai contoh “G”), dan di dalamnya buatlah lagi tombol baru yang bernama “DefaultLabel”. Klik-ganda pada tempat memasukkan nilainya, berilah nama “CompactFlash” (atau apapun sesuka Anda), dan klik “OK”. Restart Explorer atau tekan [F5] dan lihat perubahannya. Drive G: akan terbaca sebagai “CompactFlash (G:)”.
 

17. Wipe the Page File
Windows menyimpan memori halaman-halaman pada file paging selama Anda bekerja. Semuanya terdengar baik, sampai seseorang berhasil mengakses sistem Anda, menemukan file-file tersebut, dan menambahkan atau justru mengurangi sesuatu yang tidak Anda inginkan.
Untuk mengatasinya, masuk ke “HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\SessionManager\MemoryManagement“, atur nilai “ClearPageFileAtShutdown” menjadi 1 dan reboot. Windows akan menghapus semua file halaman ketika ia dimatikan. Memang memperpanjang durasi dan proses, tapi meningkatkan keamanan.
 

18. Crash on Cue
Layar biru crash biasanya membawa kabar buruk, tetapi kadang Anda mungkin ingin memunculkannya untuk menguji laporan eror Windows misalnya. Ternyata trik Registry bisa membantu Anda bahkan untuk hal yang satu ini.
Masuk ke “HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\i8042prt\Parameters“, buat DWORD bernama “CrashOnCtrlScroll” dan atur nilainya menjadi 1. Reboot komputer Anda, dan untuk meng-crash cukup tahan [Ctrl] kanan dan tekan [Scroll Lock] dua kali. Setelah selesai, pastikan Anda segera menghapus perintah tersebut.
 

19. Save CPU Time
Sebuah PC standar biasanya memiliki beberapa program yang ingin menggunakan kapasitas prosesor pada saat yang bersamaan, dan Windows akan mengalokasi setiap periode dari CPU time sebuah “quantum” sebuah berpindah ke program yang berikutnya. Secara default, biasanya ini sangat pendek, sehingga PC akan menjadi responsif, tapi terkadang hal ini berarti Windows akan membuat waktu untuk berpindah di antara proses-proses tersebut.
Solusinya? Anda bisa mencoba apa yang Windows Server lakukan. Atur sistem untuk menggunakan quantem yang lebih lama. Atur “HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\PriorityControl\Win32PrioritySepartion” menjadi 16 (hex).
Quantum yang lebih lama berarti pergantian yang lebih sedikit di antara program jadi lebih sedikit waktu yang terbuang. Anda bisa memperhatikan kalau lag pada game atau pemutaran video akan menjadi lebih halus. Tapi, jika Anda menemukan masalah lainnya, cukup kembalikan nilai Win32PrioritySeparation menjadi nilai orisinilnya yaitu 26.
 

20. Cegah Virus Lewat Removable Disk
Dengan semakin umum penggunaan removable disk(flash disk, flash memory,dsb) sebagai media trasnfer data diantara komputer, ternyata juga menjadi peyebab terbesar dari menjamurnya virus, terutama virus-virus lokal. Hal ini diperparah lagi dengan kurangnya kesadaran akan penggunaan software Anti-Virus.
Menggunakan Antivirus pun harus senantiasa diupdate minimal seminggu sekali, karena setiap minggu selalu saja ada virus-virus baru yang dapat merusak sisten komputer. Sebenarnya anda bisa mencegsh penularan virus dari media seperti flashdisk secara manual. Yaitu dengan mendisable fasilitas autorun ketika removable disk dicolokan ke komputer. Berikut langkah-langkahnya :
1. Buka Registry Editor, dengan cara Klik Start Menu > Run dan ketik regedit dan klik OK
2. Cari lokasi :KEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
3. Buat key baru :Klik kanan > New > DWORD Value > beri nama dengan : [NoDriveAutoRun]
4. Double klik untuk mengisi nilai (data). Pilih Base : Decimal dan isikan data dengan nilai 67108863.
5. Restart KomputerDengan penambahan setting ini, maka ketika kita memasang flashdisk, windows tidak akan otomatis menjalankan program autorun yang ada di flashdisk.


21. Memelihara Pengelolaan Data Windows Di Memory Utama
Jika anda memiliki memory RAM lebih dari 256Mb cara ini mungkin ndapat dilakukan untuk menjaga operasi data pada memory utama.
1. Klik [Start] > [Run] > [Regedit]
2. Buka folder registry : [HKEY_LOCAL_MACHINE] > [SYSTEM] > [ControlSet001] > [Comtrol] > [Sesion Manager] > [Memory Management]. Kemudian, ganti nilai (value) data [DisablePagingExecutive] menjadi 1.
3. Restart Komputer.


22. Membersihkan Page File (Virtual Memory) Ketika Shutting Down
Langkah-langkah membersihkan virtual memory ketika windows shutdown sebagai berikut :
1. klik [Start] > [Run] > ketik [Regedit]
2. Buka folder registry : [HKEY_LOCAL_MACHINE] > [System] > [CurrenyControlSet] > [Control] > [Session Manager] > [Memory Management]. Kemudian, ubah nilai value [ClearPageFileAtShutdown] menjadi 1.
3. Restart komputer


23. Mematikan Program Secara Otomatis
Trik berikut dapat digunakan untuk mematikan program yang bandel (stop responding) secara otomatis :
1. Klik [Start] > [run] > ketik [Regedit]
2. Buka folder registry : [HKEY_CURRENT_USER] > [Control Panel] > [Desktop]
3. Ubah [REG_SZ] menjadi [AutoEndTask], kemudian beri nilai 1
4. Restart Komputer.


Trik REGEDIT (Registry Editor) Bagian 1


[001]
Mengganti Wallpaper
HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Desktop
Klik ganda pada wallpaper dan masukkan path gambar yang diinginkan pada Value Data.

[002]
Mengganti Nama Recycle Bin
HKEY_CLASSES_ROOT/CLSID/{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}
Klik ganda pada option (Default value) dan beri nama baru sesuai yang diinginkan pada
Value Data.
 
[003]
Memunculkan Rename Pada Recycle Bin
HKEY_CLASSES_ROOT/CLSID/{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}/ShellFolder
Klik ganda pada Attributes > Edit Binary Value. Pada Value Data, ganti angka tersebut
http://www.oke.or.id
3
menjadi 0000 50 01 00 20.
 
[004]
Menyembunyikan Recycle Bin
HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/Desktop/NameS
pace
Hapus subkey {645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}, kemudian Restart komputer untuk
melihat hasilnya. Untuk memunculkannya kembali, buat kembali kombinasi angka {645FF040-
5081-101B-9F08-00AA002F954E}.
 
[005]
Menambah Isi Shortcut Menu Pada Recycle Bin
HKEY_CLASSES_ROOT/CLSID/{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}/ShellFolder
Klik ganda Attributes dan ganti angka di Value Data dengan angka berikut ini:
0000 50 01 00 20 > Rename
0000 60 01 00 20 > Delete
0000 70 01 00 20 > Rename & Delete
0000 41 01 00 20 > Copy
0000 42 01 00 20 > Cut
0000 43 01 00 20 > Copy & Cut
0000 44 01 00 20 > Paste
0000 45 01 00 20 > Copy & Paste
0000 46 01 00 20 > Cut & Paste
0000 47 01 00 20 > Cut, Copy & Paste
 
[006]
Menambah Isi Shortcut Menu Pada Recycle Bin Dengan Menu Pilihan
HKEY_CLASSES_ROOT/CLSID/{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}/Shell
Klik menu Edit > New > Key dan beri nama yang diinginkan (Misalnya: Go To Windows
Explorer).
Dibawah key yang baru tersebut, tekan lagi menu Edit > New > Key dan buat sebuah key baru
bernama Command. Klik ganda option (Default), dan pada bagian Value Data, isi dengan path
Windows Explorer ( C:\WINDOWS\Explorer.exe).
 
[007]
Mengembalikan Folder Documents Yang Hilang Di My Computer
HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/DocFolderPaths
Pilih menu Edit > New > String Value dan beri nama sesuai dengan username yang digunakan
di Windows (contohnya: Chippers). Klik ganda pada value tersebut dan masukkan path tempat
dimana Documents anda berada (contohnya D:\Documents)
 
[008]
Menyingkirkan File Stored Dari My Computer
HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/MyComputer/
NameSpace/DelegateFolders
http://www.oke.or.id
4
Hapus subkey {59031a47-3f72-44a7-89c5-5595fe6b30ee} dengan menekan tombol Del.
 
[009]
Menyembunyikan My Recent Documents
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/Explorer
Klik menu Edit > New > DWORD Value dan beri nama NoRecentDocsMenu.
Kemudian klik ganda pada DWORD Value tersebut, dan berikan angka 1 untuk
mengaktifkannya.
 
[010]
Menyembunyikan Menu Find
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/Explorer
Klik menu Edit > New > DWORD Value dan beri nama NoFind.
Kemudian klik ganda pada DWORD Value tersebut dan berikan angka 1 untuk
mengaktifkannya. Restart komputer.
 
[011]
Menyembunyikan Help And Support
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/Explorer
Buatlah sebuah DWORD Value baru - Menu Edit > New > DWORD Value, dan beri nama
NoSMHelp.
Kemudian klik ganda pada NoSMHelp dan isi dengan angka 1 pada Value Data. Restart
komputer.
 
[012]
Menyembunyikan Menu Run
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/Explorer
Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoRun. Klik ganda dan masukkan angka 1
sebagai Value Data.
 
[013]
Menyembunyikan Menu Run Dari Start Menu (2)
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/Advanced
Cari value bernama Start_ShowRun, klik ganda dan masukkan angka 0 pada bagian Value Data.
 
[014]
Restart dgn Cepat !!
Pada key :
HKEY_LOCAL_MACHINE Software Microsoft Windoes NT Current Version Winlogon
Tambahkan string value EnableQuickReboot
 
[015]
Menyembunyikan Log Off
http://www.oke.or.id
5
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/Explorer
Klik menu Edit > New > Binary Value dan beri nama NoLogOff.
Klik ganda pada NoLogOff dan masukkan angka 01 00 00 00 pada bagian Value Data.
 
[016]
Menyembunyikan Menu Turn Off Computer
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/Explorer
Klik menu Edit > New > DWORD Value dan beri nama NoClose.
Klik ganda NoClose dan beri angka 1 pada Value Data.
 
[017]
Cleartype Pada Logon Screen
HKEY_USERS/.DEFAULT/Control Panel/Desktop
Klik ganda FontSmoothingType dan masukkan angka 2 pada Value Data.
 
[018]
Membuat Tampilan Berbeda Pada Jendela Logon
HKEY_USERS/.DEFAULT/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/ThemeManager
Klik ganda ColorName dan masukkan teks Metallic pada Value Data.
 
[019]
Menampilkan Administrator Di Welcome Screen
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows
NT\CurrentVersion\Winlogon\SpecialAccounts\UserList
Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama Administrator.
Klik ganda Administrator dan masukkan angka 1 pada Value Data.
 
[020]
Login Otomatis
HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/Microsoft/Windows NT/CurrentVersion/Winlogon
Klik ganda AltDefaultUserName dan masukkan username account yang dipilih.
Klik ganda AutoAdminLogon dan masukkan angka 1 pada Value Data.
Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama DefaultPassword.
Klik ganda DefaultPassword dan masukkan password account yang dipilih pada Value Data.
 
[021]
Menyembunyikan Ikon Printer & Faxes dari Start Menu
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/Advanced
Cari value bernama Start_ShowPrinters dan berikan angka 0 pada Value Data.
 
[022]
Menyembunyikan Control Panel Dari Start Menu
http://www.oke.or.id
6
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/Advanced
Cari value bernama Start_ShowControlPanel dan klik ganda pada bagian tersebut.
Masukkan angka 0 pada Value Data.
 
[023]
Menyembunyikan Menu My Pictures Dari Start Menu
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/Advanced
Klik ganda pada Start_ShowMyPics dan masukkan angka 0 pada bagian Value Data.
 
[024]
Memunculkan Menu Administrative Tools
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/Advanced
Klik ganda pada StartMenuAdminTools dan berikan angka 1 pada Value Data.
 
[025]
Memperkecil Ikon Start Menu
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/Advanced
Klik ganda pada Start_LargeMFUIcons dan masukkan angka 1 pada Value Data.
 
[026]
Menghilangkan Username Pada Start Menu
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Curre ntVersion\Policies\Explorer
Pilih Edit > New > DWORD Value dan beri nama NoUserNameInStartMenu.
Klik ganda NoUserNameInStartMenu dan masukkan angka 1 pada Value Data.
 
[027]
Mencegah Perubahan Menu Start
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/Explorer
Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoChangeStartMenu.
Klik ganda NoChangeStartMenu dan masukkan angka 1 pada Value Data.
 
[028]
Menyembunyikan My Recent Documents
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/Advanced
Klik ganda pada Start_ShowRecentDocs dan masukkan angka 0 pada Value Data.
 
[029]
Mengubah Nama Default Shortcut Penting Di Desktop
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/CLSID
Klik ganda pada default value pada masing-masing subkey dibawah ini:
My Network Places:
http://www.oke.or.id
7
{208D2C60-3AEA-1069-A2D7-08002B30309D}
My Computer:
{20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D}
My Documents:
{450D8FBA-AD25-11D0-98A8-0800361B1103}
Recycle Bin:
{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}
Default IE Icon:
{871C5380-42A0-1069-A2EA-08002B30309D}
masukkan nama-nama unik sebagai pengganti nama defaultnya.
 
[030]
Menyembunyikan Ikon Di Desktop
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/Advanced
Klik ganda pada HideIcons dan masukkan angka 1 pada Value Data.
 
[031]
Membersihkan Semua Ikon Pada Desktop
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/Explorer
Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoDesktop.
Klik ganda pada NoDesktop dan masukkan angka 1 pada Value Data.
 
[032]
Membuat Desktop Lebih Stabil
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer
Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama DesktopProcess.
Klik ganda DesktopProcess dan masukkan angka 1 pada Value Data.
 
[033]
Menghapus Daftar Program Dalam Menu Run
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/RunMRU
Di jendela sebelah kanan, akan terlihat deretan software-software (ditandai secara alphabet
a, b, c, d, dan seterusnya). Untuk menghapusnya, cukup dengan memilih salah satu (atau
semua) nama program yang ada dan tekan tombol Del. Jika muncul jendela konfirmasi untuk
penghapusan data, tekan Yes.
 
[034]
Membersihkan Recent Documents
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/Explorer
Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoRecentDocsHistory.
Klik ganda pada NoRecentDocsHistory dan masukkan angka 1 pada bagian Value Data.
http://www.oke.or.id
8
 
[035]
Menghilangkan Info Tip Pada Ikon Folders Di Desktop
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/Advanced
Klik ganda pada FolderContentsInfoTip dengan angka 0.
 
[036]
Mengunci Taskbar
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/Advanced
Klik ganda pada TaskBarSizeMove dan masukkan angka 0 pada Value Data.
 
[037]
Menghapus Past Items Icons Pada Taskbar
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Curre ntVersion\Explorer\TrayNotify
Hapus IconStreams dan PastIconsStream, kemudian buka Task Manager, pada Tab Processes
klik kanan pada explorer.exe dan pilih End Process. Klik menu File > New Task (Run) dan
ketikan kembali explorer dan tekan OK.
 
[038]
Menyembunyikan System Tray
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\Curr entVersion\Policies\Explorer
Jika key Explorer belum ada buatlah sebuah DWORD Value baru dan beri nama
NoTrayItemsDisplay.
Klik ganda NoTrayItemsDisplay dan masukkan angka 1 pada Value Data.
Untuk mengembalikan System Tray masukkan angka 0 pada Value Data.
 
[039]
Menonaktifkan Klik-kanan Pada Desktop
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/Explorer
Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoViewContextMenu.
Klik ganda pada NoViewContextMenu dan masukkan angka 1 pada Value Data.
 
[040]
Mengubah Waktu Delay Ketika Membuka Menu
HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Desktop
Klik ganda pada MenuShowDelay dan ubah angka milidetik yang semula 400 menjadi angka
lain. Semakin kecil semakin cepat.
 
[041]
Mengatur Ukuran Ikon Di Desktop Dan Start Menu
HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Desktop/WindowMetrics
Klik ganda pada Shell Icon Size dan ubah angka 32 menjadi angka lainnya, misalnya 10.
http://www.oke.or.id
9
 
[042]
Mengganti Warna Windows
HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Colors
Klik ganda Window dan masukkan kombinasi warna RGB (gunakan Adobe PhotoShop untuk
menemukan kombinasi warna yang sesuai).
 
[043]
Mengganti Warna Teks Dalam Windows
HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Colors
Klik ganda WindowText dan masukkan kombinasi warna RGB.
 
[044]
Menghilangkan Tab Screen Saver
HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/System
HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/System
Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoDispScrSavPage.
Klik ganda NoDispScrSavPage dan masukkan angka 1 pada Value Data.
 
[045]
Mengganti Screen Saver Lewat Registry
HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Desktop
Klik ganda SCRNSAVE.EXE kemudian masukkan path tempat file Screen Saver yang diinginkan.
Contoh: C:\WINDOWS\ScreenSaver.scr
 
[046]
Menonaktifkan Default Screen Saver
HKEY_USERS/.DEFAULT/Control Panel/Desktop
Klik ganda ScreenSaveActive dan masukkan angka 0 pada Value Data.
Untuk mengembalikannya masukkan angka 1 pada Value Data.
 
[047]
Menghilangkan Tanda Anak Panah Pada Ikon Shortcut
HKEY_CLASSES_ROOT/Inkfile
HKEY_CLASSES_ROOT/piffile
Ubah nama IsShortcut menjadi IsShortcuts.


Lihat selanjutnya >>

Pemahaman Dasar Tentang Basis Data

Basis data lanjut itulah nama matakuliah yang saya dapatkan di semester kelima ini, di sini saya ingin membagi sedikit ilmu mata kuliah saya tentang basis data. Baiklah langsung saja, apa sih yang dimaksud dengan basis data? sebelum kita membahas apa itu basis data saya ingin menjelaskan sedikit tentang apa itu data dan apa itu info? meskipun kita sudah sering mendengar tentang kata "data" dan "info" tapi kita terkadang belum tau apa itu data dan apa itu info, data adalah sekumpulan deskripsi dari sebuah kejadian dan masing - masing deskripsi tersebut belum mempunyai arti yang jelas, contoh dari data adalah : misalnya ada suatu peristiwa kecelakaan dan didapat data sebagai berikut :
1. Lamongan
2. Tanggal 15-Oktober-2011
3. Mobil vs motor
4. Meninggal 2 orang

dari data di atas jika dilihat dari satu persatu tidak mempunyai arti yang jelas namun jika data tersebut sudah diolah maka akan ada informasi yang jelas. Dengan demikian yang dimaksud informasi merupakan data yang telah diolah sedemikian rupa sehingga memiliki makna tertentu bagi penggunanya.

Terus jika kita telah memahami tentang apa itu data dan info, maka yang di maksud dengan basis data (bahasa Inggris: database) adalah: sekumpulan data yang saling berkaitan dan menempati tempat tertentu. Mengapa database begitu penting? database sangat penting apalagi di dalam dunia usaha karna jika suatu perusahaan mempunyai sistem database yang amburadur maka perusahaan tersebut bisa rugi treliunan rupiah, karena mereka pasti memerlukan database untuk menyimpan data keuangan mereka baik itu uang yang masuk maupun uang yang keluar. Dan biyasanya database itu berbentuk tabel yang terdiri dari baris dan kolom, barisnya atau bisa disebut dengan record berisi informasi sedangkan kolomnya atau disebut dengan field berisi tentang data. 


Untuk membuat database yang baik diperlukan algoritma dan logika, apa perbedaan antara algoritma dan logika? algoritma adalah: suatu alur yang digunakan untuk memecahkan masalah sedangkan logika adalah: cara yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. Sampai di sini dulu ya... mungkin minggu depan akan saya lanjutkan tentang pengenalan database. Mungkin itulah tadi sedikit coretan yang saya buat semoga bermanfaat bagi pembaca sekaliyan. 

Terimakasih.....

Penginstalan Aplikasi Gambas Secara Ofline

Kali ini saya akan mencoba mengenalkan gambas. Apa itu gambas ? Gambas sendiri dalam Linux adalah suatu aplikasi untuk membuat berbagai macam aplikasi yang nantinya dapat berjalan di OS Linux. Dalam kasus ini dapat dikatakan Gambas adalah pengganti Visual Basic. Langsung saja dalam artikel kali ini kita langsung akan menginstall Gambas. Untuk lebih mudah dalam contoh kita akan memasang Gambas secara offline, terlebih dahulu kita unduh sourcenya di sini. Jalankan terminal, arahkan ke dalam folder kita menyimpan unduhan tadi.
Selanjutnya kita extrack file tersebut. Ketikkan perintah tar jxvf gambas.tar.bz2 seperti pada tampilan berikut.

Pastikkan file tersebut sudah terextrack semua, dapat langsung kita lihat menggunakan nautilus.

Pada tampilan diatas, terlihat hasil ektrack yang bernama folder “natty” ( 11.04 ). Apabila kita buka folder tersebut, maka berisi kumpulan file-file .deb untuk melakukan penginstallan kita dapat langsung double klik file install.sh

Atau melalui terminal dengan cara mengetikkan perintah seperti berikut

Tunggu proses hingga selesai. Lalu untuk mengakses Gambas kita dapat menjalankannya melalui menu Programming. Berikut tampilan awal dari Gambas.


Di sebelah kiri terdapat berbagai macam menu, antara lain :
  1. Proyek baru…
  2. Buka proyek… ( untuk membuat proyek )
  3. Contoh… ( Berisi contoh-contoh aplikasi Gambas )
  4. Keluar… ( Untuk keluar dari Gambas )
Tampilan saat kita memilih proyek baru

Tampilan saat kita memilih Buka Proyek


Tampilan awal dari IDE Gambas

Sekian dulu materi dari saya, semoga di lain kesempatan saya bisa memebrikan materi-materi lainnya. mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penyampaian materi.

Sumber : http://gambas.sourceforge.net/en/main.html

10 Game PC Terbaru di Tahun 2011

Berikut adalah daftar 10 game terbaru di tahun 2011 yang mungkin bisa menjadi daftar game yang wajib anda bainkan, baiklah ayo kita mulai preview gamenya:

 1.  STARCRAFT 2: WINGS OF LIBERTY
Star Craft 2

Setelah penantian 10 tahun, Blizzard akhirnya mengeluarkan seri terbaru dari RTS Sci-fi terlarisnya. Dalam SCII:WOL, kita hanya mengikuti petualangan Jim Raynor beserta Raynor’s Raider menyelamatkan umat manusia dari ancaman invasi Zerg yang aktif kembali setelah dorman selama 4 tahun. Tidak adanya campaign Protoss dan Zerg memang membuat kecewa sejumlah pihak terlebih lagi harga untuk Standard Edition ini terlalu mahal , namun setidaknya terdapat mini campaign Protoss dalam WOL ini yang dapat memberikan sedikit hiburan.

Cerita dalam WOL terbilang standard, Jim Raynor yang masih belum dapat melupakan Kerrigan dan dalam keadaan putus asa akibat perlawanannya terhadap Terran Dominion yang dipimpin Emperor Mengsk seringkali tidak membuahkan kemajuan berarti mendapatkan tawaran dari Tychus Findlay, mantan Marine yang dikenal Raynor pada masa tugasnya di Confederate kemudian dipenjara atas tuduhan penghianatan dan kriminal, untuk berburu artifak Xel’Naga. Tychus yang sekarang bekerja untuk Moebius Foundation menjanjikan bahwa Raynor akan mendapatkan banyak uang untuk membiayai pemberontakannya melawan Dominion

Nantinya Raynor juga akan bertemu tokoh-tokoh lain seperti Gabriel Tosh, seorang rastafarian yang merupakan mantan ghost Dominion yang sekarang melakukan aksi sabotase terhadap pemerintahannya Mengsk; ada juga Dr. Ariel Hanson , seorang peneliti di Agria yang bertekad menyelamatkan koloninya dari serangan Zerg maupun Protoss; Ariel memandang Raynor sebagai seorang ksatria yang dapat menolongnya. Zeratul juga kembali muncul dan kita dapat mengendalikannya dalam sebuah mini campaign yang menceritakan upayanya untuk memecahkan ramalan Xel’Naga dan menyelamatkan alam semesta dari kehancuran.

Lika-liku alur cerita amatlah menarik karena di beberapa misi kita harus menentukan pilihan yang dapat berpengaruh pada karakter lain dan jalan cerita. Kitapun akan penasaran dengan motif Tychus dan Tosh yang bergabung dengan Raynor’s Raiders dan apakah mereka dapat dipercaya?





2. Mass Effect 2

Mass Effect 2
  BioWare mungkin salah satu pengembang game dengan hasil karya yang brilian. Selain selalu menuai kesuksesan dari game terbitan-nya, pengembang game asal Kanada ini pun kerap mendapat kecaman lantaran sering memuat adegan seks dalam game.

Jika menilik beberapa game yang telah terbit di pasaran hal tersebut memang tidak bisa dipungkiri lagi. Lewat Mass Effect, BioWare menampilkan adegan persetubuhan antara manusia dengan ras mahluk asing. Kontan, hal tersebut pun menuai kontoversi.

Judul game berikutnya yang juga selalu menjadi perdebatan adalah Dragon Age: Origins. Game tersebut tidak hanya menampilkan beragam adegan kekerasan, namun juga adegan seks sesama jenis.

Meski selalu mendapat kecaman namun Bioware bukannya kapok, namun malah terus menampilkan adegan seks yang makin syur. Hal tersebut didapat pada game terbaru mereka bertajuk Mass Effect 2.



3. Civilization  V

Civilization V

Sid Meier’s Civilization V (juga dikenal sebagai Civilization 5) adalah permainan Turn-based strategy yang dibuat oleh Firaxis. Dalam permainan ini, pemain dapat memimpin sebuah peradaban dari zaman prasejarah hingga masa depan. Permainan ini merupakan permainan terbaru dalam serial Civilization, dan diperkirakan akan dirilis pada kuartal akhir 2010Permainan ini akna mengandung elemen komunitas, modding dan multiplayer 


4. BAD COMPANY 2




Battlefield: Bad Company 2, mode multiplayer online adalah menonjol , fitur peta besar, lingkungan YANG dirusak, kendaraan benar-benar kuat, dan desain suara yang luar biasa. Yang menarik pemandangan indah adalah memperlakukan ke mata dan lingkungan dirusak mengesankan membentuk elemen kunci dari gameplay.

Kampanye pemain tunggal memiliki satu ton momen sinematik dan merupakan pengalaman 6-7 jam , namun bintang sesungguhnya acara di sini adalah multiplayer yang akan membuat Anda datang kembali untuk bermain lebih lama.


5. Bioshock 2




Bioshock 2, tidak meneruskan kisah petualangan Jack dalam versi pertama. Game ini justru mengambil jalan cerita sekitar 8 tahun sebelum versi pertamanya, dan di sini pemain akan berperan sebagai Big Daddy.
Untuk para pemain Bioshock mungkin nama Big Daddy sudah tidak asing lagi. Ya, ini adalah salah satu tokoh antogonis yang merupakan musuh utama dalam Bioshock.

Untuk kualitas suara, sepertinya Bioshock 2 sudah tidak diragukan lagi. Beragam efek suara sangat terdengar baik dalam game, baik itu suara rintihan yang memilukan hingga efek ledakan yang dahsyat.Dan uniknya, karena berperan sebagai Big Daddy yang selalu mengenakan helm, maka beberapa suara dalam game ini seolah-olah berhasil membuat pemain sedang mengenakan helm.


6. Assassin’s Creed 2



Secara keseluruhan kontrol game ini sama seperti prekuelnya, Assassin’s Creed. Dia bisa berlari dan free-run, gentle push, dan lain – lain. Yang menarik adalah kini sang tokoh utama, Ezio, bisa “blend” dengan orang – orang sekitar (seri pertama hanya bisa dengan para biarawan). Meski begitu dia kini lebih sulit untuk berkeliaran karena dia lebih “most wanted” dibandingkan Altair.

Cerita game ini cukup sederhana namun menarik. Berkisah tentang Ezio yang hendak balas dendam terhadap orang – orang yang mengkhianati ayahnya dan membuat ayahnya serta kedua saudara lelakinya dibunuh. Yang mengejutkan adalah akhir game ini. Bagi anda yang belum menamatkannya, segera tamatkan game ini dan anda akan tahu maksud saya.


7. Just Cause 2






Mendekati kenyataan, Just Cause 2 merupakan contoh permainan yang mengambil pengalaman seperti kondisi sebenarnya. Anda diajak ke pulau Panau di Asia tenggara, dengan ukuran seribu kilometer persegi. Terjun dari helikopter ke tanah dalam kondisi politik labil, mencari bos lama dan mentor Anda.

Pemain memiliki ketrampilan sejata, bersama teman dalam faksi lokal sebagai intelejan pembantu, akan menemani perburuan. Musuh Anda adalah diktator penindas. Mereka menganggap Anda sebagai tentara bayaran Scorpio. Misi pun dimulai.
Kunci permainan ini adalah kekacauan yang dapat menyebabkan misi anda gagal. Misi sulit karena kondisi Panau berupa hutan tropis, gurun dan bahkan pengunungan salju. Gambaran ini jauh dari realistis, tapi pemandangannya cukup berkesan.

Detail tekstur membuat setiap pengaturan menjadi jelas, dan efek– terutama air– sungguh unggul.
Selama permainan anda akan dimanjakan dengan berbagai pilihan. Anda bisa memilih berbagai pilihan dari eksplorasi, tindakan misi, ataupun peralatannya. Anda bisa bermain sendiri atau bersama ketika melawan musuh, membombardir, atau mengancurkan aset militer. Setiap pemain bias mengambil keuntungan dari kemampuan berbeda dan bermain dalam suatu cara mereka sendiri.


8. Metro 2033



Kegigihan manusia untuk bertahan hidup bukanlah hal yang dapat dipandangsebelah mata. Hal ini terlihat jelas dalam Metro 2033. oleh david Novan Berawal dari cerita fiksi yang diceritakan dalam novel Rusia, Metro 2033 merupakan kisah dunia setelah dilanda perang nuklir yang mengakibatkan dunia tidak dapat dihuni lagi. Untuk menghindari hujan asam dan asap radio aktif yang meliputi dunia, penduduk Rusia mengungsi ke dalam jaringan kereta api bawah tanah yang disebut Metro. Luasnya jaringan bawah tanah tersebut membuat setiap stasiun memiliki kebudayaan sendiri. Mirip seperti kota di bawah tanah. Anda akan berperan sebagai salah satu penduduk di kota bawah tanah tersebut.


9. Splinter Cell Conviction






Splinter Cell: Conviction, merupakan seri teranyar dari sederet kisah Splinter Cell. Tak ubahnya dengan versi terdahulu, game ini juga masih menampilkan sosok tangguh sang agen rahasia Sam Fisher
.
Namun bedanya jika dulu Fisher dilengkapi dengan peralatan yang serba canggih, pada game ini ia malah tampil dengan sangat sederhana. Bahkan tanpa mengenakan Night Vision atau pun pakaian militer yang kerap digunakan sebelumnya.


10. S.T.A.L.K.E.R. –  Call of Pripyat






Seperti game-game S.T.A.L.K.E.R. sebelumnya, Call of Pripyat adalah sebuah game FPS yang dipenuhi dengan berbagai elemen RPG. Pemain menyelesaikan berbagai quest dari para NPC yang tersebar di berbagai tempat, memperoleh senjata dan armor baru yang lebih kuat, dan secara umum berusaha untuk membuat dirinya lebih kuat untuk bertualang di dalam Zone.

Keseluruhan dunia dalam Call of Pripyat terbagi dalam beberapa zona yang terpisah, dan di awal game pemain akan mulai bermain di sebuah daerah yang bernama Zaton. Pemain akan memulai petualangannya dengan membawa sebuah AK 47, sebuah pistol, amunisi, dan beberapa pengobatan dasar. Pemain akan berjalan melintasi kota mati yang dahulunya ramai oleh penduduk.

Game ini direncanakan untuk dirilis pada 31 Maret 2010.Call of Pripyat menampilkan grafis yang dibuat semirip mungkin dengan tempat aslinya, seperti kota Pripyat, stasiun Yanov, pabrik Jupiter, desa Kopachi, dan lainnya. Game ini juga menampilkan sleep function, player interface baru, dan kemungkinan untuk meneruskan permainan setelah menamatkan freeplay mode.

Contoh Makalah Sistem Komputer

BAB II PEMBAHASAN

1. Sistem Komputer

a. Pengertian Sistem
Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani
(sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang
dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau
energi. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling
berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item
penggerak.

b. Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut
prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan
untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan
aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian
dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

c. Pengertian Sistem Komputer
Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk
menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari
sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat unak
(software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras hardware).
Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang
terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti
apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan
brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan
komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah apa
komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.

d. Komponen-komponen Komputer
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang
tidak bisa terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
• Processing Device
• Input Device
• Output Device
• Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
• Operating System
• Application Program
• Language Program
3. Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )
1. Hardware ( Perangkat Keras )
Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara
fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses,
maupun perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya cukup
canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya,
yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya
perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah
tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang
dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja
berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
• Processing Device (CPU)
CPU ( Central Processing Unit ) berperanan untuk
memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan
menguruskan laluan informasi menerusi system komputer.
Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi
dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan
arahan-arahan berkaitan.
Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit),
yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). CPU
memiliki fungsi adalah program-program yang disimpan
dalam memori utama dengan cara mengambil instruksiinstruksi,
menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya
satu persatu sesuai perintah. Pandangan sederhananya adalah
operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan
instruksi ( execute ). CPU memiliki dua bagian utama, yaitu :
1. ALU ( Arithmetic Logic Unit )
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic LogicUnit (ALU)
adalah alat yang melakukan semua operasi
aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit
elektronik yang digunakan disebut adder juga melakukan
keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan
instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan
dua operand dengan menggunakan operator logika
tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan ( ),
kurang dari (<), kurang atau sama dengan ( ), lebih besar
dari (>), dan lebih besar atau sama dengan ( ) ALU juga
dapat melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan,
penambahan dan semacamnya), pelaksanaan logis ( AND,
OR, NOT ), dan pelaksanaan perbandingan
(membandingkan dua slot dengan kesetaraan).
2. CU ( Control Unit )
Unit control, mengatur dan mengendalikan semua
peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat
input menerima data dan kapan data diolah serta kapan
ditampilkan pada alat output. Mengartikan instruksiinstruksi
dari program komputer. Membawa data dari alat
input ke memori utama. Mengambil data dari memori
utama untuk diolah. Mengirim instruksi ke ALU jika ada
instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan
logika. Membawa hasil pengolahan data kembali ke
memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya
akan disajikan ke alat output.
Selain itu CPU juga memiliki beberapa alat
penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan
Register yang memiliki fungsi Alat penyimpanan kecil
dgn kecepatan akses cukup tinggi, yg digunakan untuk
menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses,
sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu
giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori
utama.
Banyak register dalam CPU, masing-masing sesuai
dengan fungsinya yaitu :
1. Instruction Register ( IR )
Digunakan untuk menyimpan instruksi yang
sedang diproses.
2. Program Counter ( PC )
Digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari
memori utama yang berisi instruksi yang sedang
diproses. Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah
menjadi alamat dari memori utama yang berisi
instruksi berikutnya.
3. General Purpose Register
Punya kegunaan umum yang berhubungan
dengan data yang sedang diproses. Contoh, yg
digunakan untuk menampung data disebut operand
register, untuk menampung hasil disebut accumulator.
4. Memory Data Register ( MDR )
Digunakan untuk menampung data atau
instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU
atau menampung data yg akan direkam ke memori
utama, hasil pengolahan oleh CPU.
5. Memory Address Register
Digunakan untuk menampung alamat data atau
instruksi pada memori utama yg akan diambil atau yg
akan diletakkan.
Selain register, beberapa CPU menggunakan
suatu cache memory yang mempunyai kecepatan
sangat tinggi, agar kerja CPU lebih efisien. Tanpa
cache memory, CPU akan menunggu sampai data/
instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu
hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama,
baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal
proses dari memori utama lebih lambat dibanding
kecepatan register sehingga akan banyak waktu
terbuang. Dengan adanya cache memory, sejumlah
blok informasi pada memori utama dipindahkan ke
cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu
berhubungan dengan cache memory.

• Input and Output Device
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi
dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat
berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada
berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor
dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam
(kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah
bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu
macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh
sistem komputer igital. Alat output, men-decode data ke
dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai
komputer.
1. Input Device
Input Device adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau
perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
• Keyboard
• Pointing Device
1. Mouse
2. Touch screen
3. Digitizer Grapich Tablet
• Scanner
• Microphone
2. Output Device
Output Device adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil
pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke
kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Alatnya antara lain adalah :
• Monitor
• Printer
• Speaker
• Storage Device
Register CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat
menyimpan semua informasi, maka CPU harus dilengkapi
dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori
utama. Terbagi menjadi dua yaitu :
1. Internal Storage
Adalah media penyimpanan yang terdapat didalam
komputer yaitu :
• RAM ( Random Access Memory )
Untuk menyimpan program yang kita olah untuk
sementara waktu. Dapat diakses secara acak ( dapat
diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ). Struktur
RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
1. Input Storage
Digunakan untuk menampung input yang
dimasukkan melalui alat input.
2. Program Storage
Digunakan untuk menyimpan semua
instruksi-instruksi program yang akan diakses.
3. Working Storage
Digunakan untuk menyimpan data yang
akan diolah dan hasil pengolahan.
4. Output Storge
Digunakan untuk menampung hasil akhir
dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke
alat output.
• ROM ( Read Only Memori )
Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna
sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama
kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi
sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik
pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari
program pokok, seperti program untuk mengatur
penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci
papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan
bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada
saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting),
yang dapat berupa cold booting atau warm booting.
Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara
memprogram kembali, yaitu :
1. PROM (Programmable Read Only Memory), yg
hanya dapat diprogram satu kali.
2. EPROM (Erasable Programmable Read Only
Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat
diprogram kembali berulang-ulang.

3. EEPROM (Electrically Erasable Programmable
Read Only Memory), dapat dihapus secara
elektronik dan dapat diprogram kembali.
2. External Storage
Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan,
pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama,
yaitu :
• Floppy Disk
• Hard Disk
• CD Room
• DVD

2. Software ( Perangkat Lunak )
Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang
berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan
data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu
sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi
yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang
diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang
dijalankannya.

• Operating System
Sistem operasi atau operating system ialah Program
dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan
hardware komputerPerangkat lunak yang dihubungkan
dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas
sistem komputer. Ada beberapa macam system operasi
diantaranya adalah :
1. Linux
2. Windows
3. Mac OS

Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya)
mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi Input,
Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan
pembuangan software.
Sistem operasi, menentukan program yang mana
dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau
I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan
servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang
membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu
mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat
elektronik yang terhubung.

• Application Program
Yaitu program komputer yang siap digunakan atau
disebut juga program siap pakai. Program paket digunakan
untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang
industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi
ayau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.
Contoh :
1. Microsoft Word
2. Microsoft Excel
3. CorelDraw X4
4. Dll

• Language Program
Language Program atau bahasa pemrograman adalah
bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi
dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri
maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan
bahasa
Pemrograman, seperti :Bahasa komputer yang
digunakan untuk menulis instruksi-instruksi program untuk
melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer,
seperti :
1. Visual basic
2. Turbo pascal Delphi
3. Brainware
Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah
komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka
tidak akan dapat digunakan.

2. Operasi Sistem Komputer

Secara umum, sistem komputer terdiri atas CPU dan sejumlah device
controller yang terhubung melalui sebuah bus yang menyediakan akses ke
memori. Umumnya, setiap device controller bertanggung jawab atas sebuah
hardware spesisfik. Setiap device dan CPU dapat beroperasi secara konkuren
untuk mendapatkan akses ke memori. Adanya beberapa hardware ini dapat
menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena itu untuk mencegahnya sebuah
memory controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori.
Pada sistem komputer yang lebih maju, arsitekturnya lebih kompleks.
Untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap bus
merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM,
Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi
yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara perangkat lain
yang lebih lambat dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang
terhubung dengan bus lain yang lebih cepat sampai ke bus utama. Untuk
komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge .
Tanggung jawab sinkronisasi bus yang secara tak langsung juga
mempengaruhi sinkronisasi memori dilakukan oleh sebuah bus controller atau
dikenal sebagai bus master . Bus master akan mengendalikan aliran data hingga
pada satu waktu, bus hanya berisi data dari satu buah device .
Pada prakteknya bridge dan bus master ini disatukan dalam sebuah chipset
.Jika komputer dinyalakan, yang dikenal dengan nama booting, komputer akan
menjalankan bootstrap program yaitu sebuah program sederhana yang disimpan
dalam ROM yang berbentuk chip CMOS (Complementary Metal OxideSemiconductor) .
Chip CMOS modern biasanya bertipe EEPROM(Electrically
Erasable Programmable Read Only Memory), yaitu memori non-volatile (tak
terhapus jika power dimatikan) yang dapat ditulis dan dihapus dengan pulsa
elektronik. Lalu bootsrap program ini lebih dikenal sebagai BIOS (Basic InputOutput System) .

Bootstrap program utama, yang biasanya terletak di Motherboard akan
memeriksa hardware-hardware utama dan melakukan inisialisasi terhadap
program dalam hardware yang dikenal dengan nama firmware .
Bootstrap program utama kemudian akan mencari dan meload kernel
sistem operasi ke memori lalu dilanjutkan dengan inisialisasi sistem operasi.Dari
sini program sistem operasi akan menunggu kejadian tertentu. Kejadian ini akan
menentukan apa yang akan dilakukan sistem operasi berikutnya ( event-driven ).
Kejadian ini pada komputer modern biasanya ditandai dengan munculnya
interrupt dari software atau hardware, sehingga Sistem Operasi ini disebut
Interrupt-driven. Interrupt dari hardware biasanya dikirimkan melalui suatu signal
tertentu, sedangkan software mengirim interrupt dengan cara menjalankan system
call atau juga dikenal dengan istilah monitor call . System/Monitor call ini akan
menyebabkan trap yaitu interrupt khusus yang dihasilkan oleh software karena
adanya masalah atau permintaan terhadap layanan sistem operasi. Trap ini juga
sering disebut sebagai exception .

Setiap interrupt terjadi, sekumpulan kode yang dikenal sebagai ISR(Interrupt Service Routine) 
akan menentukan tindakan yang akan diambil. Untuk
menentukan tindakan yang harus dilakukan, dapat dilakukan dengan dua cara
yaitu polling yang membuat komputer memeriksa satu demi satu perangkat yang
ada untuk menyelidiki sumber interrupt dan dengan cara menggunakan alamatalamat
ISR yang disimpan dalam array yang dikenal sebagai interrupt vector di
mana sistem akan memeriksa Interrupt Vector setiap kali interrupt terjadi.
Arsitektur interrupt harus mampu untuk menyimpan alamat instruksi yang
di- interrupt . Pada komputer lama, alamat ini disimpan di tempat tertentu yang
tetap, sedangkan pada komputer baru, alamat itu disimpan di stack bersama-sama
dengan informasi state saat itu.


BAB III PENUTUP

Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan
suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer
terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi
(instruction set), dan perangkat keras (hardware).
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa
terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
• Processing Device
• Input Device
• Output Device
• Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
• Operating System
• Application Program
• Language Program
3. Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )
Adanya beberapa hardware ini dapat menyebabkan masalah sinkronisasi.
Karena itu dalam operasi sistem komputer untuk mencegahnya sebuah memory
controller ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori. Untuk meningkatkan
performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap bus merupakan jalur data antara
beberapa device yang berbeda. Jika komputer dinyalakan Bootstrap program
utama akan memeriksa hardware-hardware utama. Pada komputer modern
biasanya ditandai dengan munculnya interrupt dari software atau hardware,
sehingga Sistem Operasi ini disebut Interrupt-driven.
Demikian yang bisa kami simpulkan, semoga makalah ini bermanfaat bagi
masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada umumnya. Apabila makalah ini
terdapat kekurangan maupun kesalahan dalam penulisan/pembahasan kami
mengucapkan mohon maaf.


DAFTAR PUSTAKA

• http://www.perpus-online.co.cc/makalah-sistem-komputer/
• http://iwansantosa.files.wordpress.com/2009/04/presentasi-sistemkomputer.
ppt.
• http://images.indratutriono.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/RyE
zpQoKCrsAAHJyOB41/SISTEM%20KOMPUTER.ppt?nmid=63757987

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search Key

G-KOM adalah blog yang saya buat untuk membagi ilmu kepada orang-orang yang ingin belajar ilmu komputer baik itu ilmu programing, Tips-tips seputar komputer, sampai pegetahuan tentang tokoh-tokoh komputer dunia. Di sini juga ada Free Download yang mungkin bisa membantu anda dalam memahami lebih jauh lagi tentang Dunia komputer, dan saya harap dengan adanya blog ini anda bisa terbantu dalam mencari informasi seputar perkembangan komputer.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More