PEMROGRAMAN VISUAL LANJUT PADA JAVA

BAB VIII

PEMROGRAMAN VISUAL LANJUT PADA JAVA


 


 


  1.  

  2.  

  3.  

  4.  

  5.  

  6.  

  7.  
  8. Pokok Bahasan
    1. Aplikasi sederhana pada NetBeans


       

  9. Tujuan
    1. Menggabungkan Form pada pemrograman Java Visual


       

  10. Ringkasan Dasar Teori

         Pemrograman berbasis objek atau OOP (object oriented programming) merupakan teknik membuat suatu program berdasarkan objek. Untuk dapat menguasai pemrograman Java, harus dimengerti dengan baik konsep-konsep penting dalam pemrograman berorientasi objek.


     


  11.  

  12.  

  13.  

  14.  

  15.  

  16.  

  17.  

    1.  

    2.  

    3.  
    1. Objek


       

          Suatu bentuk atau model yang tergantung dari cara pandang objek yang dimaksud. Setiap objek memiliki atribut dan method. Atribut adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan karakteristik objek. Method merupakan fungsi atau segala sesuatu yang dapat dilakukan oleh objek.


       

      1. Class


         

            Class berbeda dengan objek. Class merupakan prototype yang mendefinisikan variabel-variabel dan method-method secara umum. Sedangkan objek merupakan instansiasi dari suatu class.


         

      2. Constructor

        Fungsi yang otomatis di eksekusi saat suatu objek dibuat.


         

      3. Inheritance

            Merupakan pewarisan atribut dan method pada sebuah class yang diperoleh dari class yang telah terdefinisi tersebut. Setiap subclass akan mewarisi variable dan method dari superclassnya.

        Keuntungan dari inheritance antara lain :

  • Subclass menyediakan variable dan method yang spesifik yang membedakannya dengan superclass, hal ini akan memungkinkan programmer Java untuk menggunakan ulang source code dari superclass yang telah ada.
  • Programmer Java dapat mendefinisikan superclass khusus yang bersifat generic, yang disebut abstract class, untuk mendefinisikan class dengan method dan variable secara umum.

Istilah dalam inheritance yang perlu diperhatikan :

  1. Extends : keyword ini harus kita tambahkan pada definisi class yang menjadi subclass.

    b. Superclass : digunakan untuk menunjukkan hirarki class yang berarti class dasar dari subclass / class anak.

c. Subclass : adalah class anak atau turunan secara hirarki dari superclass.

d. Method overriding : pendefinisian ulang method yang sama pada subclass. Dalam inheritance, method overriding berbeda dengan method overloading. Method overriding adalah mendefinisikan kembali method yang sama, baik nama method maupun signature atau parameter yang diperlukan dalam subclass. Sedangkan method overloading adalah mendefinisikan method yang memiliki nama yang sama, tetapi dengan signature yang berbeda dalam definisi class yang sama.

  1. Polimorfisme


     

        Kemampuan dari reference untuk mengubah sifat menurut objek apa yang dijadikan acuan / memiliki aksi berbeda bila method yang sama dipanggil, dimana aksi method tergantung dari objeknya. Kondisi yang harus dipenuhi supaya polimorfisme dapat diimplementasikan antara lain :

    1. Method yang dipanggil harus melalui variable dari basis class atau superclass.
    2. Method yang dipanggil harus juga menjadi method dari basis class.
    3. Signature method harus sama, baik pada superclass maupun subclass.
    4. Method acces attribute pada subclass tidak boleh lebih terbatas dari basis class.


     

  2. Enkapsulasi

        Bungkusan (wrapper) pelindung program dan data yang sedang diolah agar tidak diakses sembarangan oleh program lain.

    Manfaat dari proses enkapsulasi antara lain :

    1. Modularitas : kode dari sebuah objek dapat dikelola secara independent dari kode sumber objek lain.
    2. Information hiding : karena kita dapat menentukan hak akses sebuah variable / method dari objek, dengan demikian kita bisa menyembunyikan informasi yang tidak perlu diketahui objek lain. Data hiding berarti menyembunyikan variable yang sifatnya internal pada class dengan cara mendeclare variable tersebut sebagai private.


 

  1. Interface

        Pada Java juga dikenal konsep interface, yang merupakan device yang digunakan untuk komunikasi antar objek berbeda yang tidak memiliki hubungan apapun. Interface dapat dikatakan sebagai protocol komunikasi antar objek tersebut.


 

  1. Percobaan


     

    1. Percobaan 1 : Program aplikasi sederhana
      1. Buatlah project
      2. Buatlah file Java dengan type : JFrame Form
      3. Tambahkan komponen objek sehingga seperti gambar berikut

        Halaman1.java


         


         


         


         


         


         


         


         


         


 


 


 


 


Gambar 8.1 Contoh tampilan komponen objek Halaman1


 

Halaman2.java


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Gambar 8.2 Contoh tampilan komponen Halaman2


 

Halaman3.java


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Gambar 8.3 contoh tampilan komponen Halaman3


 

  1. Tambahkan program berikut pada masing-masing file Java
  • Pada Halaman1.java
  1. Tambahkan program dibawah ini pada file java halaman1 dengan cara klik source.

    public class Halaman1 extends

    javax.swing.JFrame {

    /** Creates new form Halaman1 */

    public Halaman1() {

    initComponents();

    }


     

  1. Setelah kita tambahkan program diatas kemudian klik kanan pada jFrame, pilih Event – Window – WindowOpened.

    Kemudian tambahkan program berikut :

        // TODO add your handling code here:

        for (int i=1985; i<=2030; i++)

        {

            jComboBox3.addItem(i);

        }

        {

            for(int x=1; x<=31; x++)

            {

                jComboBox1.addItem(x);

            }

        }

    }


     

    1. Setelah itu kita tambahkan program pada jButton1 dengan cara klik kanan jButton1, pilih Event – Actions – action Performed. Baris program adalah sebagai berikut :

          // TODO add your handling code here:

          Halaman2 form2 = new Halaman2();

          form2.a = jTextField1.getText();

          form2.b = jTextField2.getText();

      form2.c = jTextField3.getText() + " , "     jComboBox1.getSelectedItem() +

      " " + jComboBox2.getSelectedItem()+ " " +     jComboBox3.getSelectedItem();

          form2.d = jTextField4.getText();

          form2.e = jTextField5.getText();

          form2.setVisible(true);

          this.setVisible(false);


 

  1. Setelah itu kita tambahkan program pada jButton2 dengan cara klik kanan jButton2, pilih Event – Actions – action Performed. Baris program adalah sebagai berikut :

        // TODO add your handling code here:

        System.exit(0);

  • Pada Halaman2.java
  1. Tambahkan program dibawah ini pada file java halaman1 dengan cara klik source.

public class Halaman2 extends

javax.swing.JFrame {

String a,b,c,d,e;


 

  1. Setelah kita tambahkan program diatas kemudian klik kanan pada jButton1, pilih Event-Action-action Performed

    Baris program adalah sebagai berikut :

    // TODO add your handling code here:

    Halaman3 form3 = new Halaman3();

    form3.a = a;

    form3.b = b;

    form3.c = c;

    form3.d = d;

    form3.e = e;

    form3.f = jTextField1.getText();

    form3.g = jTextField2.getText();

    form3.setVisible(true);

    this.setVisible(false);


 

  1. Setelah kita tambahkan program diatas kemudian klik kanan pada jFrame, pilih Event – Window – WindowOpened.

    Baris program adalah sebagai berikut :

    // TODO add your handling code here:

jLabel4.setText("Nama Calon Mahasiswa:"+a);


 

  1. Setelah itu kita tambahkan program pada jButton2 dengan cara klik kanan jButton2, pilih Event – Actions – action Performed. Baris program adalah sebagai berikut :

        // TODO add your handling code here:

        System.exit(0);


     

  • Pada Halaman3.java
  1. Tambahkan program dibawah ini pada file java halaman1 dengan cara klik source.

    /** Creates new form Halaman3 */

    String a, b, c, d, e, f, g;

    public Halaman3() {

    initComponents();


     

  2. Setelah kita tambahkan program diatas kemudian klik kanan pada jFrame, pilih Event – Window – WindowOpened.

    Baris program adalah sebagai berikut :

        // TODO add your handling code here:

        jTextArea1.setText("Nama : " + a +

            "\nAlamat : " + b +

            "\nTTL : " + c +

            "\nAsal Sekolah : " + d +

            "\nJurusan : " + e +

            "\nPilihan 1 : " + f +

            "\nPilihan 2 : " + g

            );


 

  1. Tambahkan program pada JButton1 dengan cara klik kanan pada JButton1, pilih Event – Actions – action Performed.

    Baris program tersebut adalah sebagai berikut :

        // TODO add your handling code here:

        System.exit(0);


     

  1. Jika dijalankan (Run – Run File atau Shift + f6 ) hasilnya adalah sebagai berikut :

    Halaman1.java


     


     


     


     


     


     


     

    Gambar 8.4 Hasil program Halaman1


     

    Jika diklik Next, masuk ke Halaman2.java

    Jika diklik Exit, keluar dari program


     

Halaman2.java


 

Gambar 8.5 Hasil program Halaman2


 

Jika diklik Finish, masuk ke Halaman3.java

Jika diklik Exit, keluar dari program


 

Halaman3.java


 

Gambar 8.6 Hasil program Halaman3


 

Jika diklik Exit, keluar dari program


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong Berikan Komentar Anda Untuk Lebih Memajukan Blog Ini.

Terimakasih ^_^ Telah Berkunjung ^_^ Di Blog Ini ^_^ Semoga Ilmu Yang Anda Dapat Bisa Bermanfaat ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search Key

G-KOM adalah blog yang saya buat untuk membagi ilmu kepada orang-orang yang ingin belajar ilmu komputer baik itu ilmu programing, Tips-tips seputar komputer, sampai pegetahuan tentang tokoh-tokoh komputer dunia. Di sini juga ada Free Download yang mungkin bisa membantu anda dalam memahami lebih jauh lagi tentang Dunia komputer, dan saya harap dengan adanya blog ini anda bisa terbantu dalam mencari informasi seputar perkembangan komputer.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More