BAB VIII PEMROGRAMAN VISUAL LANJUT PADA JAVA Pemrograman berbasis objek atau OOP (object oriented programming) merupakan teknik membuat suatu program berdasarkan objek. Untuk dapat menguasai pemrograman Java, harus dimengerti dengan baik konsep-konsep penting dalam pemrograman berorientasi objek. Suatu bentuk atau model yang tergantung dari cara pandang objek yang dimaksud. Setiap objek memiliki atribut dan method. Atribut adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan karakteristik objek. Method merupakan fungsi atau segala sesuatu yang dapat dilakukan oleh objek. Class berbeda dengan objek. Class merupakan prototype yang mendefinisikan variabel-variabel dan method-method secara umum. Sedangkan objek merupakan instansiasi dari suatu class. Fungsi yang otomatis di eksekusi saat suatu objek dibuat. Merupakan pewarisan atribut dan method pada sebuah class yang diperoleh dari class yang telah terdefinisi tersebut. Setiap subclass akan mewarisi variable dan method dari superclassnya. Keuntungan dari inheritance antara lain : Istilah dalam inheritance yang perlu diperhatikan : b. Superclass : digunakan untuk menunjukkan hirarki class yang berarti class dasar dari subclass / class anak. c. Subclass : adalah class anak atau turunan secara hirarki dari superclass. d. Method overriding : pendefinisian ulang method yang sama pada subclass. Dalam inheritance, method overriding berbeda dengan method overloading. Method overriding adalah mendefinisikan kembali method yang sama, baik nama method maupun signature atau parameter yang diperlukan dalam subclass. Sedangkan method overloading adalah mendefinisikan method yang memiliki nama yang sama, tetapi dengan signature yang berbeda dalam definisi class yang sama. Kemampuan dari reference untuk mengubah sifat menurut objek apa yang dijadikan acuan / memiliki aksi berbeda bila method yang sama dipanggil, dimana aksi method tergantung dari objeknya. Kondisi yang harus dipenuhi supaya polimorfisme dapat diimplementasikan antara lain : Bungkusan (wrapper) pelindung program dan data yang sedang diolah agar tidak diakses sembarangan oleh program lain. Manfaat dari proses enkapsulasi antara lain : Pada Java juga dikenal konsep interface, yang merupakan device yang digunakan untuk komunikasi antar objek berbeda yang tidak memiliki hubungan apapun. Interface dapat dikatakan sebagai protocol komunikasi antar objek tersebut. Halaman1.java Halaman2.java Gambar 8.2 Contoh tampilan komponen Halaman2 Halaman3.java Gambar 8.3 contoh tampilan komponen Halaman3 public class Halaman1 extends javax.swing.JFrame { /** Creates new form Halaman1 */ public Halaman1() { initComponents(); } Kemudian tambahkan program berikut : // TODO add your handling code here: for (int i=1985; i<=2030; i++) { jComboBox3.addItem(i); } { for(int x=1; x<=31; x++) { jComboBox1.addItem(x); } } } // TODO add your handling code here: Halaman2 form2 = new Halaman2(); form2.a = jTextField1.getText(); form2.b = jTextField2.getText(); form2.c = jTextField3.getText() + " , " jComboBox1.getSelectedItem() + " " + jComboBox2.getSelectedItem()+ " " + jComboBox3.getSelectedItem(); form2.d = jTextField4.getText(); form2.e = jTextField5.getText(); form2.setVisible(true); this.setVisible(false); // TODO add your handling code here: System.exit(0); public class Halaman2 extends javax.swing.JFrame { String a,b,c,d,e; Baris program adalah sebagai berikut : // TODO add your handling code here: Halaman3 form3 = new Halaman3(); form3.a = a; form3.b = b; form3.c = c; form3.d = d; form3.e = e; form3.f = jTextField1.getText(); form3.g = jTextField2.getText(); form3.setVisible(true); this.setVisible(false); Baris program adalah sebagai berikut : // TODO add your handling code here: jLabel4.setText("Nama Calon Mahasiswa:"+a); // TODO add your handling code here: System.exit(0); /** Creates new form Halaman3 */ String a, b, c, d, e, f, g; public Halaman3() { initComponents(); Baris program adalah sebagai berikut : // TODO add your handling code here: jTextArea1.setText("Nama : " + a + "\nAlamat : " + b + "\nTTL : " + c + "\nAsal Sekolah : " + d + "\nJurusan : " + e + "\nPilihan 1 : " + f + "\nPilihan 2 : " + g ); Baris program tersebut adalah sebagai berikut : // TODO add your handling code here: System.exit(0); Halaman1.java Gambar 8.4 Hasil program Halaman1 Jika diklik Next, masuk ke Halaman2.java Jika diklik Exit, keluar dari program Halaman2.java Gambar 8.5 Hasil program Halaman2 Jika diklik Finish, masuk ke Halaman3.java Jika diklik Exit, keluar dari program Halaman3.java Gambar 8.6 Hasil program Halaman3 Jika diklik Exit, keluar dari program
Gambar 8.1 Contoh tampilan komponen objek Halaman1
Sword Art Online ALO Sub Indo
-
*Sword art online Alf theme online*
Kirigaya Kazuto telah kembali ke dunia nyata. Pada episode ini menjelaskan
tentang siapa dan bagaimana hubungan *Kirito...
12 tahun yang lalu
0 komentar:
Posting Komentar
Tolong Berikan Komentar Anda Untuk Lebih Memajukan Blog Ini.
Terimakasih ^_^ Telah Berkunjung ^_^ Di Blog Ini ^_^ Semoga Ilmu Yang Anda Dapat Bisa Bermanfaat ^_^