PENGENALAN JAVA DAN LINGKUNGAN KERJA

BAB I

PENGENALAN JAVA DAN LINGKUNGAN KERJA

1.1. Pokok Bahasan

1. Instalasi Java Development Kit (JDK)

2. Pengesetan PATH dan CLASSPATH

3. Latihan Program Java Sederhana

4. Cara mengkompilasi dan menjalankan program Java

5. Troubleshooting

1.2. Tujuan

1. Mengenal dan mempersiapkan Lingkungan Kerja Java

2. Membuat Program Sederhana dengan Java

3. Mengkompilasi dan menjalankan Program Java

4. Menganalisa beberapa permasalahan yang terjadi saat pemrograman dan memberikan solusi

1.3. Ringkasan Dasar Teori

Untuk bisa bekerja dengan Java, maka kita perlu melakukan instalasi Java Development Kit (JDK) atau Java 2 Software Development Kit (J2SDK). Setelah proses instalasi selesai, selanjutnya adalah melakukan pengesetan PATH dan CLASSPATH di dalam sistem. Pengesetan PATH sangat berguna untuk memberitahu sistem dimana kita meletakkan file-file utama Java (diantaranya java, javac, jdb, dan lain-lain). Sedangkan pengesetan CLASSPATH sangat berguna untuk memberitahu sistem dimana kita meletakkan file-file class yang akan kita libatkan dalam program kita. Pengesetan CLASSPATH ini biasa melibatkan dua item, yaitu tanda (titik) yang menandakan direktori kerja dan tools.jar yang berisikan kumpulan file-file library standar yang disediakan oleh Java.

Teknologi java sebagai suatu platform, yang biasa disebut juga sebagai Java Runtime Environment (JRE). Platform ini diperlukan sebagai lapisan atau layer untuk menjalankan program Java yang telah dikompilasi (bytecode). Untuk melakukan kompilasi kita memerlukan tools tambahan yang ditambahkan ke dalam JRE dan dikenal sebagai Java Development Kit (JDK). Jadi di dalam JDK sendiri secara otomatis sudah terdapat JRE.

Bahasa programming Java. Bahasa inilah yang mungkin dirujuk sebagai “Java” secara umum. Java merupakan bahasa Objek Oriented Programming yang bisa diklaim telah diimplementasikan secara penuh. OOP di Java merupakan pengembangan lebih lanjut dari bahasa C++.

JRE dan JDK merupakan suatu aplikasi / program yang perlu diinstalasi terlebih dahulu. Paket untuk JRE dan JDK tersedia untuk berbagai sistem operasi popular seperti Microsoft Windows, Macintosh, Unix, Linux, dan Solaris.

Karena ketersediaan JRE / JDK yang multi-platfrom dan karena apikasi java berjalan di atas JRE ini, maka seringkali teknologi Java dikenal dengan motto “Write Once Run Everywhere” ( Ditulis sekali saja untuk satu platform tetapi dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi ). Java juga bersifat multithreated, sehingga dapat mengerjakan beberapa proses dengan waktu yang hamper bersamaan. Multithread adalah proses yang dapat dikerjakan oleh suatu program dalam satu waktu.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong Berikan Komentar Anda Untuk Lebih Memajukan Blog Ini.

Terimakasih ^_^ Telah Berkunjung ^_^ Di Blog Ini ^_^ Semoga Ilmu Yang Anda Dapat Bisa Bermanfaat ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search Key

G-KOM adalah blog yang saya buat untuk membagi ilmu kepada orang-orang yang ingin belajar ilmu komputer baik itu ilmu programing, Tips-tips seputar komputer, sampai pegetahuan tentang tokoh-tokoh komputer dunia. Di sini juga ada Free Download yang mungkin bisa membantu anda dalam memahami lebih jauh lagi tentang Dunia komputer, dan saya harap dengan adanya blog ini anda bisa terbantu dalam mencari informasi seputar perkembangan komputer.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More