Pemahaman Dasar Tentang Basis Data

Basis data lanjut itulah nama matakuliah yang saya dapatkan di semester kelima ini, di sini saya ingin membagi sedikit ilmu mata kuliah saya tentang basis data. Baiklah langsung saja, apa sih yang dimaksud dengan basis data? sebelum kita membahas apa itu basis data saya ingin menjelaskan sedikit tentang apa itu data dan apa itu info? meskipun kita sudah sering mendengar tentang kata "data" dan "info" tapi kita terkadang belum tau apa itu data dan apa itu info, data adalah sekumpulan deskripsi dari sebuah kejadian dan masing - masing deskripsi tersebut belum mempunyai arti yang jelas, contoh dari data adalah : misalnya ada suatu peristiwa kecelakaan dan didapat data sebagai berikut :
1. Lamongan
2. Tanggal 15-Oktober-2011
3. Mobil vs motor
4. Meninggal 2 orang

dari data di atas jika dilihat dari satu persatu tidak mempunyai arti yang jelas namun jika data tersebut sudah diolah maka akan ada informasi yang jelas. Dengan demikian yang dimaksud informasi merupakan data yang telah diolah sedemikian rupa sehingga memiliki makna tertentu bagi penggunanya.

Terus jika kita telah memahami tentang apa itu data dan info, maka yang di maksud dengan basis data (bahasa Inggris: database) adalah: sekumpulan data yang saling berkaitan dan menempati tempat tertentu. Mengapa database begitu penting? database sangat penting apalagi di dalam dunia usaha karna jika suatu perusahaan mempunyai sistem database yang amburadur maka perusahaan tersebut bisa rugi treliunan rupiah, karena mereka pasti memerlukan database untuk menyimpan data keuangan mereka baik itu uang yang masuk maupun uang yang keluar. Dan biyasanya database itu berbentuk tabel yang terdiri dari baris dan kolom, barisnya atau bisa disebut dengan record berisi informasi sedangkan kolomnya atau disebut dengan field berisi tentang data. 


Untuk membuat database yang baik diperlukan algoritma dan logika, apa perbedaan antara algoritma dan logika? algoritma adalah: suatu alur yang digunakan untuk memecahkan masalah sedangkan logika adalah: cara yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. Sampai di sini dulu ya... mungkin minggu depan akan saya lanjutkan tentang pengenalan database. Mungkin itulah tadi sedikit coretan yang saya buat semoga bermanfaat bagi pembaca sekaliyan. 

Terimakasih.....


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong Berikan Komentar Anda Untuk Lebih Memajukan Blog Ini.

Terimakasih ^_^ Telah Berkunjung ^_^ Di Blog Ini ^_^ Semoga Ilmu Yang Anda Dapat Bisa Bermanfaat ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search Key

G-KOM adalah blog yang saya buat untuk membagi ilmu kepada orang-orang yang ingin belajar ilmu komputer baik itu ilmu programing, Tips-tips seputar komputer, sampai pegetahuan tentang tokoh-tokoh komputer dunia. Di sini juga ada Free Download yang mungkin bisa membantu anda dalam memahami lebih jauh lagi tentang Dunia komputer, dan saya harap dengan adanya blog ini anda bisa terbantu dalam mencari informasi seputar perkembangan komputer.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More