Telah Wafat Dennis Ritchie, Bapak Pemrograman Bahasa C

Dennis Ritchie
Dunia kini telah kehilangan satu orang hebat lagi, setelah kepergian Steve Jobs, kini Dennis Ritchie, pembuat dari bahasa pemrograman yang digunakan luas di dunia, yaitu bahasa pemrograman C, tutup usia pada umur 70 tahun.

Ritchie tutup usia di kediamannya, menurut sebuah post di Google+ milik Rob Pike. Sebuah entri di Wikipedia mengatakan dia meninggal di Murray Hill, New Jersey.
Kepergiannya dikonfirmasi hari ini oleh Bell Labs, dalam sebuah pesan dari direkturnya, Jeong Kim kepada para pegawai.

Dennis Ritchie MacAlistair, nama lengkapnya, lahir pada 9 September 1941, di Bronxville. Ayahnya, Alistair, adalah seorang insinyur di Bell Labs, dan ibunya, Jean McGee Ritchie, ibu rumah tangga. Ketika ia masih kecil, keluarganya pindah ke Summit, New Jersey, dimana Mr Ritchie dibesarkan dan bersekolah tinggi. Dia kuliah di Harvard jurusan matematika terapan.

Menurut Rob Pike, bahasa pemrograman C merupakan karya terbesar Ritchie. Awalnya, C dibuat untuk program sistem dan jaringan komputer. Tapi kini, bahasa pemrograman C juga sering digunakan dalam pengembangan software aplikasi. Ritchie membantu membentuk era digital modern dengan menciptakan perangkat lunak yang memiliki beragam fungsi, seperti mesin pencari Google dan smartphone.

"Hampir semua yang ada di web menggunakan dua hal: C dan UNIX. Browser ditulis di C. Kernel Unix ditulis di C. Server web ditulis di C, atau jika tidak, maka menggunakan C++ atau Java yang merupakan pengembangan dari C," ucap Rob Pike.

C dirancang untuk programer sistem yang ingin mendapatkan performa tercepat dari sistem operasi, compiler dan program lain. Program ini memungkinkan Anda merasa dekat dengan mesin, tanpa diikat dalam mesin.

C, seperti Unix, dirancang terutama untuk meningkatkan programmer profesional yang bekerja lebih produktif. Bersama rekannya Kernighan, Ritchie menulis teks klasik, The C Programming Language. Duet Kernighan dan Ritchie ini dikenal dengan K&R. Karya K&R telah dicetak jutaan eksemplar dan diterjemahkan dalam 25 bahasa.

Ritchie juga menciptakan sistem operasi UNIX bersama Kenneth Thompson. UNIX menjadi sistem operasi yang diadopsi Linux.

Tak hanya Linux, pengembangan variasi UNIX juga menginspirasi sistem operasi lain. Antara lain, oleh Apple yang mengadopsi UNIX dalam pengembangan sistem operasi A/UX, Domain/X, dan Darwin (modifikasi Apple dari kernel BSD dan diaplikasi pada Mac OS/X).

Sistem operasi QNX juga disebut merupakan sistem operasi yang dikembangkan berdasarkan UNIX. QNX merupakan sistem operasi yang baru saja dimiliki Research in Motion yang akan digunakan untuk produk BlackBerry.

Bill Clinton (saat masih menjabat presiden) memberikan penghargaan pada Ritchie dan Thompson yaitu National Medal of Technology pada 1999. Selain itu ia juga mendapat penghargaan nasional dan internasional lainnya untuk karyanya dan dipilih untuk masuk ke National Academy of Engineering pada 1988 karena pengembangan bahasa pemrograman C dan sistem operasi Unix.
Ritchie bekerja di Computing Sciences Research Center milik Bell Labs pada 1967 dan dikenal sebagai “dmr”. Selamat jalan Ritchie.
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong Berikan Komentar Anda Untuk Lebih Memajukan Blog Ini.

Terimakasih ^_^ Telah Berkunjung ^_^ Di Blog Ini ^_^ Semoga Ilmu Yang Anda Dapat Bisa Bermanfaat ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search Key

G-KOM adalah blog yang saya buat untuk membagi ilmu kepada orang-orang yang ingin belajar ilmu komputer baik itu ilmu programing, Tips-tips seputar komputer, sampai pegetahuan tentang tokoh-tokoh komputer dunia. Di sini juga ada Free Download yang mungkin bisa membantu anda dalam memahami lebih jauh lagi tentang Dunia komputer, dan saya harap dengan adanya blog ini anda bisa terbantu dalam mencari informasi seputar perkembangan komputer.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More