Belajar Mencari Dengan Cepat Menggunakan Google

Google dot com 

Penggunaan Tanda Petik (“)

Tanda petik dapat digunakan untuk pencarian yang khusus, artinya Google akan mencaari kata yang terdapat dalam tanda petik guna memperkecil kesalahan pencarian, Coba kamu masukan kaya “MAN 2 Serang” pada search engine, maka google hanya akan menampilkan kata MAN 2 Serang (tidak terpisah).

clip_image002[4]

Jadi intinya penggunaan tanda petik berfungsi untuk menggabungkan kata guna memperkecil kesalahan pencarian.

Pencarian File berdasarkan Tipe File Google tidak hanya mampu mencari kata dalam suatu halaman situs/website saja, google juga mempunyai kemampuan untuk mencari isi dari sebuah file. Sebagai contoh saya ingin mencari file PDF (eBook) yang memppunyai kata HTML caranya hanya menggunakan operator filetype: Jika saya ingin mencari dokumen PDF yang mempunyai kata HTML, saya cukup memasukan perintah filetype:PDF HTML. Lihat gambar

clip_image002[6]

Karena syntax ini sangat sensitive, maka kamu haruus memperhatikan setiap huruf yang kamu ketik, contohnya pada operator filetype: kamu tidak boleh menggunakan spasi setelah kata filetype: (lihat pada gambar). Ini berlaku pada semua operator.

Google akan mencari file PDF yang ada kata HTMLnya. Sebagai Informasi, Google bisa mencari 13 type document, yaitu : • Adobe Portable Document Format (PDF) • Adobe PostScript (ps)

• Lotus 1-2-3 (wk1, wk2, wk3, wk4, wk5, wki, wks, wku) • Lotus Wordpro (lwp)

• MacWrite (mw)

• Microsoft Excel (xls)

• Microsoft Word (doc)

• Microsoft PowerPoint (ppt)

• Microsoft Works (wks, wps, wdb)

• Microsoft Write (wri)

• Rich Text Format (rtf)

• Shockwave (swf)

• Text (txt), dan lain-lain.

 

Mencari Bagian dari URL

Pada umumnya kita mencari berdasarkan isi dari sebuah halaman HTML, tapi sebenarnya proses pencarian bisa sangat bervariasi sekali, kita bisa mencari bagian URL yang tidak dapat kita ketahui dengan cara tertentu. Sebagai contoh saya ingin mencari URL yang ada kata forum, seperti myquran.org/forum. Pencarian ini bisa dilakukan dengan menggunakan syntax inurl dan allinurl Fungsi keduannya sama saja yaitu mencari URL, perbedaannya adalah inurl bisa digabung dengan operator lain sedangkan allinurl tidak bisa digabung dengan operator lain.

Sebagai contoh, masukan kata inurl:admin forumadmin forumadmin forumadmin forum maka hasil pencarian yang ditampilkan adalah situs-situs yang mempunyai kata Admin pada URL dan Forum pada halaman isiForum pada halaman isiForum pada halaman isiForum pada halaman isi....

clip_image002[8]

Berbeda dengan jika kita memasukan allinurl:admin forumadmin forum dimana perintah ini akan menampilkan semua situs yang mempunyai kata admin dan forum pada URL nya.

Sama seperti operator filetype, setelah kata inurl atau allinurl kamu tidak boleh menggunakan spasi, Lihat gambar clip_image004

Mencari berdasarkan Title

Operator intitle dan allintitle adalah operator yang khusus digunakan untuk mencari kata didalam title sebuah situs. Title adalah suatu judul dalam situ/website tertentu. Sebagai contoh saya ingin mencari website yang ber-title/judul Free eBook maka saya memasukan operator intitle: Free eBook maka akan tampil seperti berikut :

clip_image002[10]

Nah operator intitle dan allintitle berfungsi untuk mencari title yang digunakan sebuah situs. Untuk operator allintitle silahkan kamu coba sendiri dan liat perbedaannya. ☺

Mencari SiteMencari

Operator ini berfungsi untuk mencari kata tertentu dalam situs/website. Sebagai contoh saya ingin mencari kata Internet pada situs chip.co.id, maka syntax yang saya masukan adalah site: www.chip.co.id Internet. Lihat gambar :

clip_image004[5]

Terlihat hasilnya, kata Internet yang terdapat disitus chip.co.id, operator ini sama dengan kamu mencari sesuatu pada situs yang kamu kunjungi. Contohnya kamu sedang mengunjungi situ www.detik.com untuk mencari berita dan kamu belum menemukannya, lalu kamu menggunakan fasilitas Search pada situs tersebut, nah bgitu juga dengan operator Site: , fungsinya sama seperti itu, tentu akan menghemat waktu kamu. ☺

Mencari Link

Operator ini berfungsi untuk mencari situs-situs mana saja yang mempunyai link tertentu, Contohnya saya akan mencari situs mana saja yang memuat Link ke situ www.detik.com maka saya memasukan syntax link: www.detik.com. Lihat gambar :

clip_image006

Terlihat beberapa situs yang mencantumkan situs www.detik.com kesitus mereka.

Kamu bisa menggabungkan operator-operator diatas agar pencarian kamu lebih maksimal, jangan takut mencoba menggabungkan operator-operator tersebut. 

g-kom Tag: ,


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong Berikan Komentar Anda Untuk Lebih Memajukan Blog Ini.

Terimakasih ^_^ Telah Berkunjung ^_^ Di Blog Ini ^_^ Semoga Ilmu Yang Anda Dapat Bisa Bermanfaat ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search Key

G-KOM adalah blog yang saya buat untuk membagi ilmu kepada orang-orang yang ingin belajar ilmu komputer baik itu ilmu programing, Tips-tips seputar komputer, sampai pegetahuan tentang tokoh-tokoh komputer dunia. Di sini juga ada Free Download yang mungkin bisa membantu anda dalam memahami lebih jauh lagi tentang Dunia komputer, dan saya harap dengan adanya blog ini anda bisa terbantu dalam mencari informasi seputar perkembangan komputer.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More