Yuk! Kita Belajar Mengenal Blog!

Pengertian Blog

BlogBlog berasal dari kata WebLog, yang intinya merupakan sebuah halaman web yang berisi catatan si pemilik web. Catatan-catatan ini memiliki keterangan waktu. Biasanya terdiri atas tanggal, bulan, dan tahun. Catatan ini pun bisa diarsipkan, sehingga me-mudahkan dalam melihat pembagian waktu dari catatan tersebut. Blog bersifat individual atau pribadi dan dapat dimiliki oleh per-orangan. Sedangkan website atau situs pada umumnya dimiliki oleh perusahaan atau organisasi serta di-maintenance oleh lebih dari satu orang. Secara singkat, weblog/blog bisa diartikan sebagai sebuah diary digital.

 

Jenis Blog

Karena blog merupakan catatan si pemilik blog, maka ada ber aneka ragam pula jenis blog yang ada, misalnya:

a) Blog pribadi, merupakan blog yang memuat hal-hal pribadi yang berkaitan dengan si pemilik blog.

b) Blog pendidikan, merupakan blog yang berkaitan dengan pendidikan.

c) Blog agama, membahas atau berkaitan dengan topik keaga-maan.

d) Blog seni (artblog), berhubungan dengan seni.

e) Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua per-soalan berbasis blog (seperti kampanye).

f) Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.

g) Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kese-hatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kese-hatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dan lain-lain.

h) Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog). 2

i) Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/ traveling.

j) Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.

j) Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

 clip_image002[13]

WeBlog Populer

Sejarah munculnya weblog dirintis oleh PyraLab

dengan membuat Blogger. Merupakan situs internet yang berisi catatan pribadi serta topik-topik yang dibuat pemiliknya. Tahun demi tahun berganti situs Weblog pun bermunculan dan mulai memikat penggemarnya. Muncullah WordPress, Multiply, Blogspot/Blogger, Blogdrive, Live Journal My Opera, dan lain sebagainya. Weblog tersebut amat popular digunakan karena fasilitas serta kemudahan yang ditawarkan oleh blog gratis tersebut. Disebut blog gratis karena user/pengguna cukup melakukan registrasi pada situs resmi blog tersebut, yang selanjutnya user akan dapat langsung menggunakan blog tersebut. Ada pula versi berbayar, yang berarti Anda harus memiliki webhosting dan domain sendiri. Dalam versi berbayar, Anda harus melakukan penginstalan soft-ware blog tersebut pada webhosting yang Anda miliki. Contoh blog tersebut misalnya WordPress.

Nah, untuk mendapatkan sedikit gambaran mengenai Bloghosting, Anda dapat melihat sekilas tampilan dari free bloghosting tersebut.

WordPress

Situs penyedia jasa blog resmi WordPress berbahasa Inggris ter-dapat pada http://www.wordpress.com, sedangkan versi Word-Press berbahasa Indonesia terdapat di http://id.wordpress.com/.

clip_image002[11]

Multiply

Multiply merupakan penyedia layanan blog yang juga merupakan situs social networking seperti Friendster. Untuk melihat apa saja yang ada pada multiply, Anda dapat membuka situs http://multiply.com/.

clip_image002[9]

Blogger

Merupakan situs blog milik Google, pada awalnya dimiliki oleh Pyralab, baru pada bulan Februari 2003 diakuisisi oleh Google. Situs Bloghosting ini yang akan penulis bahas lebih dalam di buku ini. Untuk melihat halaman muka Blogger dapat dilihat pada alamat http://www.blogger.com/start.

clip_image002[7]

Blogdrive

Untuk melihat situs resminya, Anda dapat membuka halaman http://www.blogdrive.com/.

clip_image002[5]

LiveJournal

Situs social networking sekaligus blog. Untuk melihat situs ini, silakan Anda buka halaman

muka LiveJournal. Blog-blog tersebut hanya sekelumit blog yang dapat Anda guna-kan secara GRATIS. Untuk melihat daftar blog lainnya, dapat Anda lihat pada halaman http://www.livejournal.com/.

clip_image002

http://en.wikipedia.org/wiki/Blog_software#Free_and_open_source_software

yang akan menjabarkan situs yang terdaftar sebagai penyedia blog gratis dan open source

Social Network dan Blog Berbicara masalah social network, blog juga dapat membangun social network (jaringan sosial). Jika pada situs yang berbasiskan jaringan sosial misal Friendster, Facebook, serta Myspace, jaringan sosial dibangun dengan koneksi dari teman kita ke teman dari teman kita, dan memiliki kaitan yang luas hanya berdasarkan profil pengguna situs tersebut. Pada Blog, jaringan sosial dibangun kurang lebih sama. Hanya pada blog didasarkan pada tulisan serta komentar yang diterima. Artinya, semakin banyak dan berbobot tulisan Anda atau setidaknya menarik, maka orang akan banyak berkunjung dan membangun jaringan sosial untuk blog Anda. Nah, punya blog yang bagus akan mewujudkan jaringan sosial dunia maya yang berdasarkan atas kesamaan pikiran serta minat me-nulis. Asyik bukan…

Blog Buat Cari Duit Blog untuk mendapatkan uang tambahan atau untuk cari duit bukanlah hal yang mustahil. Mengapa dikatakan demikian, jika sebuah blog yang Anda bangun begitu menarik dan men-datangkan banyak pengunjung, hal ini dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sarana berpromosi yang amat baik bagi pihak yang memiliki kepentingan.

Anda dapat mengikuti program Afiliasi atau AdSense yang dise-diakan oleh Google. Akan tetapi, tidak semua blog gratis men-support program ini karena kebijakan yang berbeda. Jika Anda menggunakan Blogger, Anda dapat mengikuti program AdSense ini. Namun, tidak untuk blog wordpress.com (gratis). Nah, jika Anda menggunakan Blog WordPress berbayar, barulah Anda dapat mengikuti program ini.

Untuk melihat informasi tentang AdSense, Anda dapat membuka halaman resmi Google. Informasi dengan halaman berbahasa Inggris, Anda dapat membuka pada halaman: http://www.google.com/adsense/login/en_US/?hl=en_US 10

Dan informasi adsense dalam bahasa Indonesia dapat Anda lihat pada halaman:

http://www.google.com/adsense/login/in/?hl=in

g-kom Tag: ,

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong Berikan Komentar Anda Untuk Lebih Memajukan Blog Ini.

Terimakasih ^_^ Telah Berkunjung ^_^ Di Blog Ini ^_^ Semoga Ilmu Yang Anda Dapat Bisa Bermanfaat ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search Key

G-KOM adalah blog yang saya buat untuk membagi ilmu kepada orang-orang yang ingin belajar ilmu komputer baik itu ilmu programing, Tips-tips seputar komputer, sampai pegetahuan tentang tokoh-tokoh komputer dunia. Di sini juga ada Free Download yang mungkin bisa membantu anda dalam memahami lebih jauh lagi tentang Dunia komputer, dan saya harap dengan adanya blog ini anda bisa terbantu dalam mencari informasi seputar perkembangan komputer.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More