Cara Mempromosikan Blog Kita!

Promosi blog melalui search engine

BlogPromo Siapa tidak kenal dengan search engine Google, Yahoo, AOL, MSN dan ODP Dmoz (Web directory), 4 search engine inilah yang harus anda focuskan dalam promosi blog anda, jika anda melihat statistik pada gambar dibawah tentu ada bisa menyimpulkan sendiri yang mana search engine yang harus ada opitmalkan, di E-Book Free Edition ini saya tidak menjelaskan secara rinci bagaimana mengoptimalkannya tapi anda akan memahami bagaimana cara melakukan promosi dengan mendaftarkan blog anda ke search engine Google, Yahoo dan MSN serta bagaimana cara sukses agar blog anda terdaftar di ODP Dmoz.

clip_image002[15]

Cara Daftar ke Google:

Google bisa dikatakan sebagai Rajanya search Engine, saya sangat menyarankan untuk mendaftarkan pertama kali blog anda di search engine ini.

Caranya Klik http://www.google.com/addurl/ Kemudian pada formulir pendaftaran Masukan Alamat Blog pada URL dan beri komentar sesuai dengan tema blog anda.

clip_image002

Cara Daftar ke Yahoo:

Yahoo sebagai search engine kedua yang banyak digunakan, untuk mendaftarkan Blog anda ke Yahoo ikuti langkahnya sebagai berikut. Sebelum anda mendaftar di Yahoo pastikan anda sudah memiliki account Yahoo, jika anda sudak memilikinya anda tinggal klik https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit kemudian pada kotak isian pertama silahkan memasukan alamat blog anda, Contoh : http://www.namabloggue.blogspot.com atau

http://www.namabloggue.wordpress.com. Untuk pilihan kedua anda diminta memasukan alamat feed anda Contoh Http://www.namabloggue.blogspot.com/atom.xml atau

http://www.namabloggue.wordpress.com/rss.xml kemudian tekan tombol submit.

 

clip_image002[5]

Cara daftar ke MSN :

Dalam statistik Search Engine, MSN milik Microsoft ini termasuk banyak digunakan jadi sebisanya blog anda juga harus terdaftar di SE ini.

Caranya: http://search.msn.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2 kemudian anda diminta memasukan kode verifikasi dan memasukan alamat blog anda.

clip_image002[7]

Cara Praktis Mendaftarkan blog ke Search Engine

Cara yang paling praktis adalah dengan menggunakan auto web submit. Ada banyak layanan gratis yang menyediakan layanan untuk pendaftaran, anda bisa mencarinya sendiri di search engine atau tanyakan ke om Google :) untuk memudahkan dalam mendaftar ke Search engine, saya sarankan anda menggunakan layanan Mypagerank Layanan lain yang dikhususkan dalam pencarian blog diantaranya adalah Google Blog Search dan Blogdigger kedua layanan ini merupakan pencarian blog yang paling banyak digunakan saat ini. hampir semua penyedia layanan blog mempunyai fasilitas pencarian dengan cara mengindex link pada database mereka sendiri, selain itu kita juga lebih diuntungkan apabila penyedia layanan blog tersebut mempunyai fasilitas ping

karena hal ini akan memudahkan kita dalam mempromosikan blog yang telah dibuat. Salah satu web auto submit adalah mypagerank, layanan ini akan memudahkan kita mendaftarkan blog ke beberapa search engine besar seperti dibawah:

www.google.com | www.searchengine.com | www.infotiger.com | www.scrubtheweb.com | www.searchuk.com | www.entireweb.com | www.maxpromo.com | www.aesop.com | www.whatuseek.com www.splatsearch.com | www.walhello.com | www.acoon.de | www.szukacz.pl | www.daypop.com | www.fybersearch.com | www.biveroo.de | www.infoseek.co.jp | www.yandex.ru | www.amfibi.com | www.bigfinder.com | www.metawebsearch.com | www.jayde.com | www.cipinet.com | www.websquash.com | www.Search-o-rama.com | www.unasked.com | www.uk.abacho.com | www.mixcat.comUntuk mempromosikan blog keseluruh SE diatas klik disini xaya tidak menjamin dalam waktu cepat situs anda akan terdaftar, semua ini tergantung dari bagaimana semua search engine diatas meng-index halaman blog/situs anda. © Copyright 2007-2008. O-OM'S BLOG. All rights reserved 5

Promosikan Blog Anda ke Directory ODP DMOZ

"Tahukah anda dibalik kekuatan ODP (dmoz) sebagai pondasi trafik blog anda dan jangan pernah salahkan saya jika blog anda menjadi the king pada Directory Search Engine"

clip_image002[9]

Sekilas Tentang ODP (Dmoz). (ODP) Open Directory Project atau biasa di sebut Dmoz merupakan directory search engine terbesar untuk saat ini, hampir kurang lebih 37.000 sukarelawan yang menjalankan tugasnya sebagai editor pada directory tersebut (Sumber : Buku "Top 10 On Google" - Rahmat Putra - Penerbit : Dian Rahmat). Dmoz termasuk yang penomenal dalam Directory search engine karena hampir semua search engine terkenal mengacu pada directory Dmoz. Beberapa Search Engine yang mengacu pada Dmoz diantaranya: Google, Alexa, Yahoo, AOL, Lycos, Teoma, AskJeevess Netscape, Hotbot dan beberapa Search engine yang lain. Yang jelas bayangkan saja jika situs atau blog anda ter-index pada directory tersebut, berbanggalah jika blog anda salah satu yang dipilih dan pantas masuk kategory mereka, karena blog atau situs yang pantas masuk merupakan dari suatu proses penyaringan yang sangat ketat. Tidak jarang blog/situs yang mendaftar di tolak bahkan tanpa konfirmasi sama sekali.

Apakah mendaftar ke ODP trafik pengunjung akan meningkat? Untuk dikatakan meningkat secara drastis jawabannya masih terlalu abstak, tetapi pada kenyataannya blog atau situs yang telah terindex pada Dmoz trafiknya akan sangat meningkat hal ini disebabkan karena site/blog anda akan muncul hampir pada setiap direktori search engine terkenal, tentunya sesuai dengan katakunci yang di cari yang berkenaan dengan deskripsi dan title blog anda. Menurut dari beberapa pengamatan, blog/situs yang terdaftar pada ODP memiliki peringkat yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak terdaftar. Sangat menguntungkan bukan!

Berapa lama Situs/Blog akan ter-index di ODP? Saya pun tidak mengetahui pasti berapa lama situs atau blog kita terdaftar ke ODP, yang harus dipahami adalah editor ODP ini menggunakan jasa manusia bukan mesin seperti spider-nya Google. Dari pengalaman saya mendaftar ke Dmoz, blog saya baru di index selama 2 minggu setelah pendaftaran bahkan mungkin saja waktunya lebih lama lagi tergantung mood sang editor kali ya :). Teruslah berjuang dan jangan putus asa jika blog anda masih belum di index, mungkin saja masih dalam tahap proses, tapi jika dalam waktu 3 minggu tidak terdaftar juga, Dmoz membolehkan kita mencoba mendaftar kembali ke direktory mereka dan anda masih bisa memilih kategory yang lain sesuai dengan tema blog/site anda.

Beberapa hal penting sebelum melakukan pendaftaran. Pada Title :

• Pilih Title sesuai dengan titile sebenarnya • Jangan menggunakan huruf ALL CAPITAL. • Buangkan bahasa pengiklanan dari tajuk.

Langkah Mendaftar ke ODP:

clip_image002[11]

1. Buka situs http://www.dmoz.com

2. Pilih directory yang ada hubungannya situs/blog anda, misalnya situs/blog anda bertemakan bisnis pilih kategori bisnis jika tentang komputer ya pilih tentang komputer atau Misalnya anda ingin bergabung dalam blog pribadi dimana blog saya terdaftar anda bisa klik World - Bahasa_Indonesia - Masyarakat - Orang-orang - Halaman-halaman_pribadi - Anonim atau di sini

Atau Anda bisa memilih kategori dibawah ini: Search Open DirectoryArtsRecreationBusinessReferenceComputersRegionalGamesScienceHealth ShoppingHomeSocietyNewsSports

3. Jika anda sudah merasa sesuai dengan kategori yang dipilih klik tambah url (suggest url) yang terdapat pada halaman kanan atas pada halaman Dmoz

4. Selanjutnya Dmoz akan mengarahkan kita ke pengisian formulir Perhatian: Baca semua peringatan dan peraturan yang harus dipatuhi ini sangat penting!

URL halaman : Masukan nama site/blog anda (contoh : http://namablog.com) Tajuk Halaman : Bisa dikatakan sebagai title, masukan title/judul halaman blog. Huraian Halaman: Bisa dikatakan sebagai deskripsi dari blog. Alamat imel Anda: masukan alamat email anda (Contoh : nama_email@gmail.com)

Masukan code verifikasi : Masukan code verifikasi yang ada pada gambar.

5. Cek kembali semua data yang telah anda masukan sebelum diproses, kesalahan kecil sedikitpun akan merugikan anda.

6. Kemudian tekan tombol "Submit"

7. Sampai tahapan ini proses sudah selesai, jika ada kesalahan dalam proses submit lihat deskripsi atau peringatan kesalahan tersebut. segerah perbaiki.

Daftarkan blog ke Blog Directory Dan Rss Search Engine Layanan pihak ketiga memungkinkan blog anda lebih dikenal luas keseluruh dunia.

Beberapa yang terbaik ditantaranya dalam melakukan promosi adalah: • Technorati: http://www.technorati.com • Blog Pulse: http://www.blogpulse.com • Blog Digger: http://www.blogdigger.com • Mybloglog : http://ww.mybloglog.com • Digg : http://www.digg.com

• Del.icio http://www.del.icio.us

Tips untuk Technorati: sering-seringlah melakukan ping dengan layanan ini. kebanyakan pengunjung Technorati adalah para blogger juga, jadi gunakan keyword atau tag yg sepatutnya anda gunakan yg berkaitan dengan blog anda.

Promosi Blog ke Technorati

Technorati merupakan salah satu directory blog yang cukup populer, Sampai saat ini technoratimasih menjadi favorite para blogger jadi tidak ada salahnya jika kita mendaftarkan kelayanan ini. Keuntungan dari layanan ini yaitu selain blog kita akan dikenal luas sekaligus meningkatkan trafik pada blog kita.

clip_image002[13]

Untuk mendaftar ke technorati cukup mudah ikuti langkah berikut: Cara daftar technorati

1. klik join http://www.technorati.com/account/sigup 2. Pada "member name" masukan nama minimal 4 karakter 3. Masukan password minimal 6 karakter pada "Chosee Password" 4. Masukan password yang sama pada "confirm password" 5. Beri tanda check pada "i agree to technorati" 6. Kemudian Klik join

7. Sekarang kita sudah terdaftar di technorati © Copyright 2007-2008. O-OM'S BLOG. All rights reserved 12

Tips memasang tags technorati pada blog

Tags bisa diibaratkan kata kunci pada sebuah posting, tag juga bisa digunakan sebagai arahan pada orang lain yang memiliki minat yang sama atas informasi posting yang kita buat.

untuk itu dalam penamaan tag jangan sembarangan dan jangan tidak nyambung sebainya sesuaikan dengan kebenaran judul posting. untuk membuat tag sesuai dengan judul posting misalnya Judul posting "Membuat tag technorati" jadi kita bisa buat tag dengan kata "tag technorati" atau 'Membuat tag" sebaiknya gunakan tag hanya satu atau dua kata saja.

Sedikit informasi sebenarnya tag ini tidak terlalu berguna jika kita menggunakan layanan blogger karna dengan mengunakan RSS/Feed disertai dengan label kategori itu sebenarnya sudah digunakan sebagai tag dari posting. tapi tidak ada salahnya kita mencoba membuat tag secara manual.

Untuk memasukan tag pada blog kita bisa menggunakan code dibawah ini: <a href="http://technorati.com/tag/[tagname]" rel="tag">[tagname]</a> <a href="http://technorati.com/tag/[tagname]+[tagname]" rel="tag">     [tagname tagname]</a>                                                                         <a href="http://technorati.com/tag/global+warming" rel="tag">global warming</a> Cara penggunaan : Pada [tagname] Masukan nama tag yang mendekati judul posting anda.

Contoh:

<a href="http://technorati.com/tag/tag+technorati" rel="tag">tag technorati</a>                                                                                       <a href="http://technorati.com/tag/tag" rel="tag">tag</a>                    <a href="http://technorati.com/tag/technorati" rel="tag">technorati</a>

Contoh tags : Tag tehnoratiCatatan : code diatas sebaiknya diletakan pada akhir halaman posting, selengkapnya bisa Anda baca disini

g-kom Tag: ,

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

1 komentar:

keren banget:iloveindonesia:

Posting Komentar

Tolong Berikan Komentar Anda Untuk Lebih Memajukan Blog Ini.

Terimakasih ^_^ Telah Berkunjung ^_^ Di Blog Ini ^_^ Semoga Ilmu Yang Anda Dapat Bisa Bermanfaat ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search Key

G-KOM adalah blog yang saya buat untuk membagi ilmu kepada orang-orang yang ingin belajar ilmu komputer baik itu ilmu programing, Tips-tips seputar komputer, sampai pegetahuan tentang tokoh-tokoh komputer dunia. Di sini juga ada Free Download yang mungkin bisa membantu anda dalam memahami lebih jauh lagi tentang Dunia komputer, dan saya harap dengan adanya blog ini anda bisa terbantu dalam mencari informasi seputar perkembangan komputer.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More